Go-Blog

Jreeeeeng.. 

Sumpah, gw bingung mau nulis apa. Tapi berhubung tadi siang abis blogwalking blog-blog random, akhirnya gw memutuskan untuk bikin blog lagi. Seperti orang yang pendiriannya terombang-ambing, gw juga ngerasa terombang-ambing disini. Kenapa? Karena gw punya banyak blog. Yaaa nggak bisa dibilang banyak juga sih, tapi gw punya hampir semua account blog host yang ada. Tinggal tunggu custom domain aja deh hehehe.. 😆

Berhubung doyan nulis sekali, gw memutuskan untuk menulis via dunia maya. Padahal gw juga suka nulis via kertas, tapi karena udah jarang nulis, hasil tulisannya jadi kayak cakar bebek. Maunya kan tulisannya bisa dibaca berulang-ulang, tapi ya itu gara-gara tulisannya acak kadut, nggak nafsu deh pas mau dibaca lagi 😆 Anyway, perjalanan tulis-menulis gw dimulai dari jaman SD. Pas SD beberapa belas tahun silam, gw udah suka nulis. Berawal dari oleh-oleh yang dibawa pulang Bapak dari negara tetangga, gw dibelikan semacam notes lucu gambar binatang-binatang laut warna kuning, plus ada gembok sama alat tulisnya. Tadinya gw bingung, notes itu enaknya diapain — entah digoreng sampai coklat keemasan, kemudian tiriskan. Dan mulailah gw menulis disitu. Notes-nya udah gw buang dari jaman kapan tau, tapi gw masih inget udah nulis apa aja disitu. Kayaknya gw nulis nggak sampai lebih dari 5 halaman. Sisanya gw pakai buat coret-coret nggak jelas, ya maklum aja jaman bocah kebanyakan nggak jelasnya hehehe.. Dan seinget gw, waktu itu cuma nulis begini: 

“Bapak saya waktu kecil punya kambing 2 ekor. Suatu hari kambingnya berantem, eh satu kambingnya malah patah tanduknya..” 

Udah cuma begitu doang hahaha 😆 Anyway abis dari notes itu, pas SD juga gw beralih ke kertas-kertas file. Jaman dulu lagi nge-trend kartun Disney sama film Titanic. Bah inget banget saking tergila-gilanya sama Leonardo DiCaprio gw sampai koleksi kertas-kertas file yang ada gambarnya Leo. Bahkan sampai bela-belain bayar kertas file punya temen hahahaha. Sumpah bodor abis (tapi kenyataannya kebodoran gw jaman SD nggak berkurang bahkan sampai gw bernafas sekarang ini 😆 ). Tapi kalo kertas file jarang gw tulis, biasanya gw tulis hal-hal apa aja yang gw suka. Bahkan gw pernah tulis surat cinta pake kertas file. Najis tralala banget kelakuan gw jaman SD dulu ya hahaha.. Mending lah kalo gayung bersambut, lah ini? 😆

Jaman SD berakhir, jaman SMP pun tiba. Kegiatan tulis-menulis berubah menjadi curhat-mencurhat. Kalo kertas file dirasa terlalu besar untuk dibawa kemana-mana, waktu itu ada inovasi terbaru dari file ukuran besar itu, namanya binder. Gambarnya juga beraneka ragam. Kalo dulu file besar itu nggak ada gambarnya, yang rame cuma isi file-nya, yang namanya binder itu hebring luar dalem. Dulu gw merengek-rengek minta dibelikan binder yang gambarnya model perempuan Korea centil, udah gitu sebagian tulisan di dalamnya pakai tulisan Korea. DUAAAR! Gw mana ngerti gitu-gituan. Dan karena gw nggak tau itu binder beserta isinya mau diapain, waktu itu lagi jamannya tukeran biodata tulis-menulis di binder masing-masing. Nggak penting yeee.. Sekarang sih gw bisa ngomong kayak begini, padahal dulu biodata kayak begitu yang penting. Wong belom ada yang punya tilpun genggam sama internet, jadinya ngehubunginya pake nomor telepon rumah yang ada didalamnya hee 😀 Tapi tetep aja bindernya nggak kepake juga. Akhirnya gw beli notes lagi. Keciiiiil banget. Biar bisa dibawa kemana-mana plus bisa diselipin di kotak pensil. Waktu itu gw juga nggak curhat-curhat banget disitu, tapiiiii.. Berhubung waktu itu lagi jamannya Meteor Garden (pertengahan kelas 2 SMP), gw curhatnya ya soal Meteor Garden. Bodor! Waktu itu gw nulis soal adegan kissing-nya Tao Ming Tse sama San Chai. Gara-gara berisik duduk di belakang, guru PPKn nyamperin ke tempat duduk gw, namanya Bu Wiji. Buru-buru gw sembunyikan notes itu di kolong meja. Apes Bu Wiji udah keburu ngeliat, diambilah notes itu dan gw dengan harap-harap cemas takut dia baca isinya. Pas lagi dibaca-baca notes-nya, Bu Wiji cuma mesem-mesem najis gitu. Pasti deh dia lagi baca tulisan gw yang bagian itu hahahaha. Maap ya Bu, gw masih muda. Harap dimaklumin aja kalo gampang dipengaruhi sama media 😀 Tapi alhamdulillah gw nggak diapa-apain. Bu Wiji kayaknya ngerti banget gw masih abege labil. Makanya nggak diproses lebih lanjut hehehee alhamdulillah.. 🙂

Sampe SMA tahun terakhir pun gw masih suka nulis di media kertas-kertasan. Untuk hal yang pribadi banget, gw punya notes khusus, yang baca cuma gw sama Tuhan doang hahaha apaan banget deh.. Gw sempat berbagi buku sama temen-temen SMA pas kelas 2, we called it the black book. Dibeli secara sukarela (terpaksa lebih tepatnya) oleh teman gw, Rina Dwi Supri Yani yang sekarang sudah sukses melanglang keliling Indonesia dan Asia karena pekerjaannya. Awalnya yang nulis cuma wece-wecenya aja. Karena buku itu berasa sepi banget, dipaksalah cowok-cowok buat ikutan isi. Terserah mereka deh, mau gambar apa mau nulis, apa mau ngaku dosa ya silakan. Bahkan sampe ada temen gw yang gambar Montitnas (maksudnya kayak Monas, tapi ya jabarin sendiri aja lah bagian ‘tit’nya itu singkatan dari apaan hahahahahaha). Kita lebih banyak sharing tentang kesan-kesan selama duduk di bangku kelas 2 SMA. Apalagi waktu itu kita ngerasanya kelas kita paling terbelakang, dan paling di-underestimate. Hmm what a memory. Really wish I could go back in time 🙂 

Dan akhirnya kegiatan tulis-menulis di media kertas berakhir di pertengahan tahun 2006, khusus buat gw. Karena gw udah hampir nggak pernah nulis-nulis lagi, even sekalinya nulis, tulisan yang baru gw tulis itu langsung gw coret-coret lagi, atau gw bakar biar nggak ada yang baca heheheee.. Waktu Friendster baru muncul, gw sama sekali buta banget sama social network yang satu itu. Gw juga nggak tau kalo Friendster juga nyediain wadah tong sampah (baca: blog). Well, gw juga belom ngeh sama yang namanya WordPress, Blogspot, bahkan yang langsung dotcom. Pertama kali gw nge-blog itu akhir tahun 2006 di Friendster. Awalnya  cuma iseng, lama-lama jadi tong sampah beneran. Bahkan gw nggak segan-segan menyebut nama gebetan yang waktu itu sering gw bicarakan hahahaha. Mending deh kalo gw nyebut hal yang baik-baik tentang dia, lah ini sampai sumpah jerapah. Hahahaha sinting 😀 Dan semakin kesini, gw semakin banyak tahu blog-blog mana yang emang bagus buat jadi referensi bacaan. Bahkan nggak cuma blog informasi saja, sekarang juga banyak blog-blog yang berhubungan sama hobi, bahkan sampai ke mata kuliah. Edan!! Thanks God there’s a thing called internet. It makes things a lot easier, alhamdulillah.. 🙂

Kenapa gw bikin blog lagi? Kayak yang sudah gw jelaskan di awal post ini tadi, gw baca blog random dan tiba-tiba pengen ikutan cerita juga. Beda sama blog-blog yang gw buat sebelumnya. Kalo Tumblr lebih ke gambar (semacam photoblog) dan kicauan singkat (mirip Twitter), tapi sayangnya gw kebanyakan reblog punya orang hehehe. Sebelumnya gw sempet punya blog di Blogspot, tapi karena satu dan lain hal (lebih tepatnya kebanyakan posting galau), blog-nya gw apus beserta isi-isinya. Dan memutuskan untuk fokus dengan satu blog saja. Tapi ternyata gw masih belom puas. Gw pengen punya blog yang isinya gw banget. Ditambah lagi dengan baca blog random, jadi makin kuat lah keinginan gw buat bikin blog 😀 Well, ada yang baca ya syukuuur, nggak ada yang baca juga nggak masalah, toh ini hanya kepuasan diri semata. Dan bukan bermaksud untuk sombong atau mengekspos kehidupan pribadi, gw juga manusia biasa yang perlu menyalurkan emosi, dan mudah-mudahan emosi yang disalurkan tidak menyinggung perasaan orang lain. Amien 🙂 Tapi gw juga nggak mau sembarangan nge-blog. Kayak tadi gw bilang, blog gw (sempat) banyak. Kalo nggak dipake kan mubajir. Dan gw juga nggak mau blog gw sampai di-banned gara-gara mengandung sesuatu yang nggak disukai orang-orang bahkan sampe membahayakan diri gw sendiri. Sebisa mungkin akan nge-blog dengan baik. Kalo sampai ada kata-kata atau kalimat tidak senonoh, akan langsung diralat atau disensor hehehehe 😀 

Yaudah segitu dulu aja deh blog gw hari ini. Sekalinya gw nulis, emang susah kalo disuruh berhenti. Sebenernya masih ada yang mau diceritakan, tapi berhubung gw teler mampus gara-gara kurang tidur, gw harus ciao sementara dulu. Kali aja besok pagi atau kapan gitu gw bisa langsung nge-post, tentunya dengan cerita-cerita yang lebih bermanfaat. Mudah-mudahan insya Allah amien..

Be safe, everyone. Have a nice day 🙂

Leave a Comment

