Sudden UI Trip and Jelly Lens

Gw masuk angin!

Efek dari pola hidup yang kurang sehat (atau mungkin tidak sehat). Jarang (hampir nggak pernah) olahraga, makan nggak teratur, berada di lingkungan perokok, dan satu lagi yang menjadi current bad habit: begadang. Padahal bang Haji Rhoma Irama udah bilang dari jaman kapan tau, “Begadang jangan begadang, kalau tiada artinyaaa.. Begadang boleh saja, kalau ada perlunya..”.

So I’ll take a quick snap then to yesterday’s story 😀

Ceritanya begini..

Kemaren gw ke kampus, mau nanya ke bagian layanan mahasiswa soal kelengkapan transkrip nilai dan tetek bengek wisuda. Gw nggak sendiri, barengan sama temen, namanya Novy. Begitu urusannya selesai, gw bingung mau ngapain. Novy sih rencananya mau ke kampus pacarnya yang notabene adalah temen SMA gw, namanya Otto (hasil comblang gw pertama hahaha), kuliah di FIB UI. Novy suggested me to come with her, took a sight-seeing at FIB. Kebetulan naluri bolang gw masih berapi-api, akhirnya cabcuslah gw ke Depok. Tiba-tiba salah satu teman terbaik gw berkata, Lo pake batere apa sih? Kok kuat aja jalan-jalan jauh gitu?” –> Dia kan udah denger cerita trip sepeda gw hari Minggu kemarin, ditambah dia juga tau riwayat jam tidur gw hehehe. Yaaa abis gimana dong, stamina gw emang begini ini 😀 Alhamdulillah  banget deh gw masih dikaruniai fisik yang kuat, alhamdulillah..

Ini ketiga kalinya gw pergi ke UI. Pertama kali waktu gw mau bikin proposal skripsi, butuh literatur dari buku-buku lain, berangkat lah gw ke UI, bertengger di perpustakaan FIB. Waktu itu berempat, gw, Novy, Otto, sama satu lagi temen gw namanya Linda. Waktu itu Otto mau ujian, ditinggal lah gw, Novy dan Linda di perpus. Waktu itu sih nggak banyak yang kami lakukan, kelamaan di jalan, dan nggak bisa ngapa-ngapain juga disitu. Karena keterbatasan waktu, gw mesti buru-buru pulang buat ngejar mata kuliah hari itu. Ekspres banget lah, pagi-pagi buta gw ke Depok, siangnya abis solat Jumat gw udah nyampe kampus di Jakarta Barat.

Kedua kalinya gw ke UI, waktu nemenin temen gw, namanya Lina, ke KOPMA (Koperasi Mahasiswa) kampusnya di Fakultas Hukum. Gw emang udah lama mau mampir ke FH, tapi baru sempetnya waktu itu. Kebetulan Lina libur, dan gw lagi persiapan mau sidang. Kalo ini juga ekspres nih, siang gw berangkat, sorenya udah balik, keujanan pula di jalanan. Dan alhamdulillah kami sampai di rumah dengan selamat 😀 Nah ketiga kalinya ini lebih ekspres lagi. Jam 10 dari kampus gw, nyampe di Depok jam 11. Langsung deh ke kantin FIB mencari makan, lafaaaaar sekali 😀

Waktu gw dateng sih masih sepi banget, belom waktunya makan siang sih sebenernya. Begitu udah agak siang, langsung deh rame. Kebetulan gw duduk di tempat yang agak pewe, menurut gw loooh. Karena gw nggak tau mau makan apa, gw tanya sama Otto, di kantin FIB makanan apa yang paling enak, dan kalo bisa sih nasi (gw tidak bisa hidup tanpa nasi). Aaah emang dasar laki-laki, dia nggak punya selera, cuma tau enak sama nggak enak aja. Karena dompet gw sangat amat tipis, gw nyarinya yang terjangkau saja kalo begitu, yang penting nasi. Akhirnya pilihan pun jatuh pada nasi rames. Gw pesen telor pedes, ikan asin pedes, sama pecel, ditambah tempe garing sedikit, harganya cuma Rp7k saja. Yaaa standar lah, untuk ukuran anak kampus. Untuk rasanya ya kayak makan nasi sama lauk aja, bukan yang gimana-gimana juga. Novy pesennya agak sedikit, dan gw lupa dia pesen apa aja, yang jelas harganya sama. Tapi gw suka sama suasana kantinnya, biarpun panaaaaas banget dan keliatan kurang bersih, tapi lumayan buat nongkrong-nongkrong khas anak kampus. Tau gitu dari dulu aja gw kuliah di FIB, kalo nggak di FH, kalo lafar kan tinggal ke kantin FIB aja 😀 Kami kenyang, dan waktunya bagi Otto buat masuk ke kelas. Dia ada kuliah, cuma 50 menit doang. Selagi dia kuliah, gw sama Novy duduk di perpustakaan FIB. Kebetulan Otto bawa laptop dan modem jadi Novy nggak bete-bete banget nungguinnya. Gw? Cuma celingak celinguk sambil nge-iPod dan sesekali ngobrol sama Novy. Nggak rame-rame banget, beda sama perpustakaan Binus yang semakin siang semakin ramai, entah mahasiswanya cuma numpang ngadem apa emang belajar beneran 😀 Udara panas banget siang ini tapi rumput-rumputnya hijau nan asri 😀

50 menit berlalu, keluarlah Otto dari kelasnya. Abis itu baru deh kita keluar. Maksud hati sih nggak mau pulang, akhirnya gw mampir ke kampusnya Lina di FH, nggak jauh kok dari FIB. Gw tinggalin deh tuh Novy dan Otto yang mau pacaran dulu ke Jembatan Texas di deket FIB. Penasaran deh Jembatan Texas itu kayak gimana. Soalnya pernah liat di foto pacarnya kakak kelas waktu SMP, abis foto-foto di Jembatan Texas. Gw mau ikut, tapi apa daya gw mau ketemu Lina juga. Dan kebetulan Lina lagi ada urusan tapi sebenernya nggak lama. Sampai lah dengan segera gw di FH. Ketemu deh sama Lina, ngobrol sekitar 5-10 menit, Lina mau pergi buat urusan KOPMA. Dan harusnya sih gw bisa tinggal, tapi kondisi langit mulai mengkhawatirkan. Angin udah mulai kenceng, matahari nya nggak ada, dan cenderung gelap. Pamitan deh sama Lina dan gw pulang sendiri. Mungkin harusnya barengan sama Otto dan Novy, tapi nggak enak juga lah gw ganggu-ganggu orang lagi in the hoy. Dan alhamdulillah gw sudah hafal jalan pulang dari Depok 😀

So far sih perjalanannya sangat menyenangkan, biarpun cuma sebentar banget. Gw bisa dapet quality time-nya banget-banget di kantin FIB, disitu gw ngerasa kayak badut yang berhasil bikin temen-temen gw cekakakan karena lawakan gw. Alhamdulillah 😀

Dan hari ini..

Gw mager. Penyakit pengangguran yang HARUS dibuang jauh-jauh! Cuma sempet nganterin Ibu ke Tokem, sama update CV online, soalnya besok ada Job Expo di kampus gw tercinta. Diselingi dengan obrolan ringan dengan beberapa teman terbaik gw, tiba-tiba Riska bilang ada lensa kamera yang mirip sama lensa lomo, tapi bedanya lensa ini bisa dipake di kamera hengpong dan juga kamera digital. Langsung deh gw browsing dan harganya lumayan terjangkau. Mereknya Jelly Lens, dengan harga Rp35k per lensanya. Ada sekitar 12 macam lensa Jelly Lens; wide angle (fisheye), polarized, stretch, 6 image, 3 image, heart frame/blue filter, star/antique, softlens, close up, spark, starburst, vignette. Bagi yang suka foto-foto lomo tapi memiliki keterbatasan biaya, Jelly Lens bisa jadi alternatif buat orang-orang kayak gw ini. Gw udah pesan, nitip sama Riska. Riska sendiri pesen Jelly Lens fisheye sama polarized. Gw sempet browsing dulu nih, gimana hasil gambar dari Jelly Lens fisheye sama polarized. Ternyata lumayan bagus, tapi tergantung dari gambar yang diambil sama jenis kamera yang dipake. Untung-untungan juga sih buat ngedapetin gambar yang bagus 😀 Well it’s just my opinion.

Anyway, gw sempet bingung mau pesen yang mana mengingat yang dipesen Riska juga salah satu yang recommended, and I’m a big huge fan of fisheye. Gw sendiri suka sama polarized (karena mendekati hasil dari kamera vivitar). 6 image sama 3 image gw kira sama kayak action sampler atau oktomat, ternyata beda. Hasilnya itu kayak penglihatan serangga lalat atau laba-laba (tau kan matanya banyaknya kayak apa?). Tadinya mau pesen itu tapi ga jadi. Stretch, softlens, close up, spark, gw kurang suka, apalagi vignette yang hasil gambarnya aneh. Starburst gw suka, tapi gw pernah menghasilkan gambar yang mirip tapi nggak pake lensa-lensaan atau efek-efek photoshop, coba klik disini (gambar kedua). Tapi itu sih keberuntungan, dan gw yakin gw bisa ngedapetin gambar kayak gitu lagi. Oke lah, akhirnya pilihan gw pun jatuh pada fisheye dan antique. Nggak papa deh samaan sama Riska tapi emang gw butuh banget itu fisheye. Antique sendiri sebenernya jatohnya kayak hasil jepretan kamera efek sepia, tapi beda sih yang gw liat waktu browsing. Mudah-mudahan pilihan gw nggak salah yaa, amieeen.

Sebenernya masih ada satu cerita lagi, tapi harus udahan nih kalo mau bangun seger pagi-pagi besok, nanti deh yaa. Ada job expo di kampus dan gw nggak tau deh penuhnya kayak apa. Mudah-mudahan besok adalah hari keberuntungan gw, amieeeeen 😀

Be safe everyone, have a nice day 😀

Leave a Comment

