Job Expo Binus University: Day 1

Hari ini gw ikutan Job Expo di kampus Bina Nusantara University. Dalam setahun, event Job Expo diadainnya dua kali, biasanya pas awal-awal semester baru dimulai. Menurut Guidance Book Job Expo yang gw dapatkan dari Denny, thanks berat ya Denn :D, kegiatan rutin ini udah dilaksanakan sejak tahun 2003, didukung oleh berbagai media partner dan lebih dari 94 perusahaan Nasional dan Multinasional. Nggak cuma Binusian (warga Binus) aja yang ikutan, tapi juga ribuan job seeker lainnya. Dan tahun ini gw berpartisipasi, karena alhamdulillah gw sudah menyelesaikan studi di Binus dan lagi nunggu wisuda.

Dulu gw nggak tau seberapa banyak animo job seeker di acara Job Expo kampus gw ini. Tapi kalo diliat dari perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi, kayaknya animonya akan sangat besar. Dan ternyata bener aja. Acara Job Expo sendiri baru mulai jam 9, tapi jam 1/2 9 lewat gw udah nyampe di kampus, takut macet di jalanan. Sekalian nunggu Novy, gw ketemu Denny juga. Denny udah masuk ke booth lantai 1, gw masih nungguin Novy. Jam 9 sih masih sepi, tapi 30 menit kemudian crowd-nya mulai penuh.

Dan udara di dalem kampus panaaaaas banget. Gw sempet keliling di luar booth, ngelirik-lirik perusahaan apa aja yang ada di lantai 1. Dan mata gw tertuju pada satu perusahaan yang memang udah jadi inceran gw. Begitu tau requirements-nya, gw langsung jiper. Ternyata emang orang-orang terpilih aja yang bisa masuk ke situ. Sedih sih, karena gw udah tau apa aja keuntungan-keuntungan kalo masuk perusahaan itu, tapi emang rejeki belom ada di tangan gw. Bagi yang bertanya-tanya, perusahaan macam apa yang gw idam-idamkan, coba klik disini.

Karena Novy nggak dateng-dateng, gw masuk duluan dengan ditemani Denny. Nanya-nanya sama Denny perusahaan-perusahaan apa aja yang udah dia apply, trus perusahaan mana yang apply online dan drop CV. Lumayan banyak perusahaan yang gw apply. Tadinya mau nambah lagi tapi gw mau liat katalog dulu. Posisi-posisi apa aja yang gw apply dari perusahaan itu? Kalo di Bank, kebanyakan ikutan program developmentnya dulu, sekitar 1-2 taun. Kalo sisanya, kebanyakan jadi Management Trainee atau Administrasi. Jujur aja gw bingung mau jadi apa, tapi kalo ngeliat potensi gw sendiri sih kayaknya gw cocoknya di back office, bagian itung-itungan (karena gw suka menghitung). Somehow gw lemah di Akuntansi dan Keuangan, tapi dengan banyak bimbingan, gw yakin gw bisa berkembang di bagian itu.

Anyway, gw pengen banget daftar di perusahaan A, tapi apa daya requirements-nya hampir setara dengan perusahaan yang gw drooling dari semester akhir. Aaah sedih sekali, mungkin bukan peluang buat gw saat ini. Mungkin nanti, insya Allah amieeeeen 😀

Besok gw akan datang kembali, mencoba peruntungan di dunia kerja. Semoga dua hari ini adalah hari keberuntungan gw, amieeeeen 😀

Be safe everyone, have a nice Wednesday 😀

Leave a Comment

