Festival Sinema Perancis 15 April – 10 Mei 2010

Nggak biasa-biasanya gw aware sama festival film, musik atau karya seni yang lain. Tapi kebetulan aja nih, pas lagi online Facebook, terus ada newsfeed-nya Nana yang jadi fans Festival Sinema Perancis di Facebook. Karena penasaran festival kayak apa yang bakal diadain ini, gw langsung klik dan jadi fans dari Festival Sinema Perancis. Bagi yang tertarik, silakan klik disini

Dan festival ini diadakan setiap tahun (kayaknya). Soalnya taun ini adalah festival Sinema Perancis yang ke-15 di Indonesia. Khusus buat Jakarta, diadain tanggal 17 sampe 25 April. Tanggal 15 itu baru pembukaan di Gedung Usmar Ismail Kuningan. Dan gw cukup excited buat nonton film-film yang ada di dalamnya. Acara kayak gini bisa jadi alternatif bagi yang hobi nonton film kayak gw, atau sekedar mengisi waktu luang. Kalo biasanya lebih sering nonton film-film Hollywood yang mencetak box office, sekali-sekali nonton film indie atau film dengan bahasa selain bahasa Inggris kayak begini ini. Untuk di Jakarta, film-film Perancis ini bakal ditayangin di Platinum XXI fX Plaza dan Blitz Megaplex Grand Indonesia. 

Berikut adalah jadwal film-film yang tayang di Platinum XXI fX Plaza :

17 April 2010

14.00 – La Reine Soleil

16.00 – L’heure d’Ete

18.00 – Le Concert

20.30 – Le Code a Change

18 April 2010

14.00 – Les Enfants de Timpelbach

16.00 – Micmacs a Tire-Larigot

18.00 – Faubourg 36

20.30 – Delice Paloma

19 April 2010

19.30 – La France

20 April 2010

19.30 – Dans La Vie

21 April 2010

19.30 – Le Code a Change

22 April 2010

19.30 – Vertige

23 April 2010

19.30 – Tellement Proches

21.30 – OSS 117, Rio ne repond plus

24 April 2010

14.30 – Le Petit Nicolas

18.30 – Vertige

19.30 – Le Coach

21.00 – Pour Elle

25 April 2010

12.30 – Les Enfants de Timpelbach

14.30 – Oscar et la Dame en Rose

16.30 – De L’autre Cote du Lit

 

Berikut adalah jadwal film-film yang tayang di Blitz Megaplex Grand Indonesia :

23 April 2010

19.30 – Le Coach

21.30 – Micmacs a Tire-Larigot

24 April 2010

14.30 – Oscar et la Dame en Rose

16.30 – De L’autre Cote du Lit

18.30 – Faubourg 36

21.00 – OSS 117, Rio ne repond plus

25 April 2010

12.30 – Le Petit Nicolas

14.30 – Tellement Proches

16.30 – Le Concert

19.00 – Pour Elle

Tiket udah bisa dibeli dari hari Jumat tanggal 9 April kemaren dengan harga Rp15k per film (cukup murah meriah bukan? 😀 ). Dan gw ngeri banget keabisan tiketnya karena kursi untuk tiap film cuma 200an banyaknya. Akhirnya gw langsung tanya Amanda enaknya kapan kita beli tiketnya dan mau pilih film apa. Amanda udah browsing di fanpage Festival Sinema Perancis itu di Facebook. Dia sangat tertarik buat nonton film yang judulnya Vertige, dan pas gw baca sinopsis filmya, kayaknya cukup seru. Dan Vertige jadi film wajib nonton buat kita nanti. Gw pribadi tertarik sama film Pour Elle (yang juga dibintangi oleh Diane Krueger), Le Concert, Le Code a Change, La France, Dans La Vie, Oscar et la Dame en Rose, De L’autre Cote du Lit. Dan kayaknya gw mau nonton semua tapi hey hey hey, uang saku terbatas 😀

Akhirnya gw ajak Amanda beli tiket dan nggak lupa nanya sama beberapa teman yang lain, pada mau ikutan apa nggak. Begitu mereka pada ngasih kepastian, gw sama Amanda yang beli tiket ini langsung nyusun mau nonton film apa aja. Berhubung Amanda lagi nggak enak badan, kita nggak bisa lama-lama pas beli tiketnya. Akhirnya pilihan film jatuh pada Vertige dan Pour Elle yang tayang tanggal 24 April 2010. Dan alhamdulillah Amanda yang lain juga sepakat. Tapi nggak menutup kemungkinan bagi kita kalo tiba-tiba pengen nonton film yang lain.

Begitu sampe di fX kemarin, gw sama Amanda langsung cari-cari dimana stand FSP berada. Kirain ada di XXI, ternyata ada di lantai 1 di samping pusat informasi fX. Langsung deh gw berdoa komat-kamit semoga film yang kita mau nggak abis tiketnya. Dan alhamdulillah akhirnya dapet juga itu tiket film 😀

Sempet ngobrol sama Mbak-Mbak yang jaga stand FSP, film apa yang kira-kira bagus (dari sepenglihatan gw kayaknya Mbak ini cukup mengerti film Perancis). Mbak ini merekomendasikan OSS 117, Le Petit Nicolas (yang tiketnya sudah mau sold out, dan gw yakin sekarang udah sold out), La France, Faubourg 36. Sinopsis-sinopsis cerita film yang disebutin itu cukup menarik, dan kayaknya sih bakal menghibur penonton. Tapi nggak tau deh, selera orang kan beda-beda kan yah 😀 Si Mbak sempet ngira gw anak Sastra Perancis (I wish hahaha). Dan beliau memberiku empat buah pulpen sebagai souvenir. Dan nggak lupa gw sama Amanda dikasih booklet dan pamflet.

Nggak cuma tayangan film aja ternyata, festival ini juga meliputi pameran poster-poster film yang bakal ditayangin. Pameran posternya akan diadakan tanggal 15-25 April di fX Plaza dan bulan Mei di Plaza Indonesia. Dan I’m eager to go there 😀

Bonjour, le Festival du Film Francais 😀

Leave a Comment

