Jakarta International Java Jazz Festival 2011

Hore! Event tahunan yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Senang bukan kepalang begitu tahu salah satu musisi pendukungnya adalah musisi legendaris, yaitu om Opie Kumis Santana 😀 Beberapa bulan sebelumnya langsung cari tahu siapa aja musisi-musisi pengisi acara, dari rumor Adam Lambert sampai akhirnya yang positif datang itu Corrine Bailey Rae. Special show-nya sendiri hanya George Benson sama Santana. Beruntung Sondre Lerche dan Corrine masuk ke stage biasa, alhamdulillah..

Oh ya, thanks buat Matt, yang udah berbaik hati sharing info promo tiket Java Jazz yang disponsori juga sama FirstMedia. Alhamdulillah juga, begitu early bird langsung pesan daily pass untuk Sabtu + special show Santana 😀 Cek ‘n ricek line up untuk Sabtu, langsung drooling begitu tahu Sondre Lerche dan Ello ada di stage yang sama dengan jam yang berbeda. Nggak lupa ada Elfa’s Singers, Andine, Drew, The Groove, Maliq & D’Essentials. Tapi tetep yang jadi inceran utama gw adalah Sondre Lerche, Ello dan Opie Kumis Santana 😀 

Berangkat dari rumah jam 16.30, berharap sampai sana gw bisa ngejar stage-nya Sondre Lerche yang mulai perform sekitar jam 17.30. Tapi apalah daya, sebagaimana layaknya event besar, perjalanan menuju kesana tidaklah mudah. Problem ibukota yang nggak pernah ada habisnya, yaitu macet. Butuh waktu paling cepat 30 menit buat dapet tempat parkir. Tapi show must go on, mood bersenang-senang nggak boleh goyah 😀 Begitu sampai di pintu masuk….. Tuhaaaaan, antriannya panjang banget. Begitu masuk ke dalam….. Tuhaaaaan, rame banget. Tapi tetep dengan state of mind “bersenang-senang”, nggak boleh goyah. Langsung ngacir ke Hall B1, tempatnya Sondre Lerche, dan gw telat hampir 30 menit. Rasanya ingin menangis, tapi tetep show must go on.

I wasn’t a big fan of Sondre Lerche until I heard him singing live. “I GOT TO COLLECT ALL OF HIS ALBUMS!!”, I said. Will definitely see him again!! Love you mas Son 😀 Berhubung selang waktu sekitar 1 jam sebelum stage-nya Ello, gw dan rekan-rekan memanfaatkan waktu yang mefet itu untuk makan malam. Boong banget kalo event kayak begini stand foodcourt-nya pada sepi. Perlu kesabaran tingkat tinggi untuk berada di event-event kayak begini. Tapi tetep dengan state of mind “bersenang-senang”, show must go on in the end..

Selesai makan langsung ngacir ke stage-nya Ello. Antriannya panjang banget!! Berhubung Ade juga lagi nggak fit, jadi nonton Ello-nya gw tunda. Tapi ujung-ujungnya tetep nonton juga, biarpun ketinggalan 30 menit. Sebelum masuk venue, gw sempet denger Ello cover lagu Wonderwall-nya Oasis. Aransemen yang bagus, kedengeran banget sampai ke luar venue. Packaging-nya Ello belum pernah mengecewakan. Dia berhasil bikin semua cewek teriak histeris, termasuk gw, biarpun teriaknya dalam hati 😆 Mohon maaf tidak ada dokumentasi untuk Ello. Gw sendiri kesulitan mengabadikan momen Ello bernyanyi karena ada di posisi paling belakang, Ello yang terlalu enerjik, dan kamera handphone yang ala kadarnya.

Sebelum nonton Santana, masih ada jeda panjang kalo mau istirahat. Beberapa teman lanjut ke stage-nya Andien di sebelah. Temen-temen pada melipir kesana, gw sama Ade duduk istirahat di luar. Berniat bertemu dengan teman-teman lainnya yang juga ada disitu, tapi apa daya sinyal GSM yang gw pake nggak berfungsi. Jangankan buat BBM, buat sms atau telpon aja susahnya kebangetan. Sampai akhirnya gw nggak berhasil ketemu dengan yang lain. Baiklah, tetep dengan state of mind, “bersenang-senang”..

Santana perform sekitar jam 22.30, jam 22.00 langsung melipir ke Hall D2. Dan antriannya TERLALU heboh!! Nggak nyangka, untuk musisi legend sekelas Santana antriannya panjang banget kayak antrian daging kurban huhuhuhu.. 😥 Mamam tuh antrian! Nggak sedikit orang-orang yang marah dengan sistem antrian yang begini. Dan gw nggak boleh nyerah, one last venue to attend. Ayo semangat 😀 Begitu masuk ke Hall, 3/4 ruangan udah penuh, gw sendiri dapet posisi yang lumayan jauh.

Hampir semua lagu hits-nya dikeluarin, Smooth, Maria Maria, Into The Night, Black Magic Woman, Sunshine of Your Love, dll. Gila banget nih orang tua. Masih fit banget buat perform. Selama kurang lebih 2 jam, pengunjung venue dimanjakan dengan alunan gitar Opa Carlos yang luar biasa merdunya. Di-support sama band yang seumuran dia juga yang nggak kalah oke, Santana and the gang pantes banget dapet standing applause. All hail Opie Kumis 😀

Waktu sudah menunjukkan pukul 00.30, buat ngelanjutin nonton Maliq kayaknya nggak kuat. Gw dan yang lainnya lebih memilih pulang dan istirahat. Waaaaah, gila banget deh acara musik kayak gini. Capek tapi worth the pain. Sebanding dengan event Avenged Sevenfold (2008) dan Java Rockin’ Land (2009) yang pernah gw datangi sebelumnya. Looking forward to see this kind of event again 😀 

Tapi sedikit kritik dan saran untuk penyelenggara acara, mudah-mudahan nggak cuma dipertimbangkan tapi dipahami dan direalisasikan. Untuk venue di JI Expo Kemayoran sudah termasuk besar, tetapi masih kurang untuk di titik-titik tertentu seperti di ‘rest area’nya. Untuk lahan parkir, mohon diperhatikan lagi, kalopun sampe ke luar area mohon lebih ditertibkan. Untuk masalah sinyal provider-provider GSM tertentu yang mengalami gangguan, mohon diperhatikan lagi. Nggak sedikit pengunjung yang mengeluh soal jeleknya jaringan GSM yang mereka gunakan selain provider GSM sponsor acara. And last but not least, ketertiban, by all means in general yah 😉 

Harapan gw, semoga event-event seperti ini tidak terbatas di musik genre tertentu aja, dan sangat baik apabila event seperti ini berlangsung 3 kali dalam setahun. Amien 😀 

PS: Semoga Sara Bareilles, Duffy, Emi Fujita, Jack Johnson, James Morrison, MYMP, The Noisettes, Norah Jones, Robin Thicke, Ryan Cabrera, Zee Avi, Zero 7 bisa berpartisipasi tahun depan. Mudah-mudahan ada yang nyangkut, amien 😀

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s