Health Breaking News!!

Kurang lebih sekitar semingguan yang lalu, BBM group keluarga berbunyi. Biasanya kalo nggak isinya gambar-gambar lucu, jokes, atau urusan keluarga. Dan kali ini pesan BBM berasal dari om gw yang jarang banget nongol di BBM group. Om gw yang terdaftar sebagai salah satu staff di Departemen Kesehatan ini lagi bagi-bagi info kesehatan, dan sebut saja namanya Om Kumis 😀 Awalnya gw agak ignore dengan isi BBM-nya, tapi begitu gw baca, ternyata berguna sekali, dan relevan banget sama siklus badan kita setiap harinya 😀 

Kenali Jadwal Tubuh Membuang Racun

Pada waktu-waktu tertentu, sistem tubuh kita membuang racun di dalamnya. Bila kita mengenali jadwalnya, kita dapat memaksimalkan pembuangan racun tersebut.

Salah satu contohnya, tidur terlalu malam atau bangun terlalu siang bisa mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam sampai dengan pukul 04.00 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah. Oleh sebab itu, tidurlah yang nyenyak dan jangan begadang.

Yuk, mari kita cermati jadwalnya 😀

  1. Pukul 21.00-23.00 malam hari adalah waktu pembuangan zat-zat tidak berguna/beracun (detoxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu itu, kita harus dalam suasana “tenang” atau “mendengarkan musik“.
  2. Pukul 23.00-01.00 dini hari, terjadi proses detoxin di bagian hati  yang berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
  3. Pukul 01.00-03.00 dini hari, adalah proses detoxin di bagian empedu, dan berlangsung dalam kondisi tidur.
  4. Pukul 03.00-05.00 dini hari, terjadi detoxin di bagian paru-paru. Oleh sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu itu. Karena proses pembersihan (detoxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tidak perlu minum obat batuk agar tidak menghalangi proses pembuangan kotoran.
  5. Pukul 05.00-07.00 pagi, terjadi detoxin di bagian usus besar. Dalam kurun waktu itu harus buang air, jangan ditahan-tahan.
  6. Pukul 07.00-09.00 adalah waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, jadi harus makan pagi. Makan pagi sebelum pukul 07.30 sangat baik untuk kesehatan. Sedangkan bagi orang yang sakit, sebaiknya makan lebih pagi, yaitu sebelum pukul 06.30.

Selama beberapa saat gw merasa ditonjok di bagian-bagian tertentu. Terlebih lagi soal begadang, buang air dan makan pagi. Gw agak bermasalah dengan tiga fase itu. Tapi yasudahlah. Yuk mari kita optimalkan fungsi badan. Semoga info kesehatan ini bermanfaat untuk kita semua 😀

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s