Holland Dinner di Met Liefde Cafe (PERMANENTLY CLOSED)

Jumat kemarin, pulang kantor langsung dibawa ngacir Ade ke Bogor. Yesss, ke Bogor. Tak pikir cuma makan malam biasa di salah satu tempat di Jakarta, ternyata gw diboyong ke Bogor. Ada apa yah di Bogor malem-malem begitu? Hmm.. Ternyata gw dibawa ke tempat yang nggak jauh letaknya dari terakhir kali gw wisata kuliner Pia Apple Pie di Bogor. Cukup jalan kaki sedikit ke tempat yang namanya Met Liefde Cafe ini. Letaknya nggak jauh dari Pia Apple Pie dan Kedai Kita. Ade agak ngotot pengen nyobain makan di Met Liefde ini, sedangkan gw sama sekali nggak tau, apa yang menarik di Met Liefde ini. Alamat Met Liefde Cafe di Jalan Pangrango No. 16, Bogor 16151. Anyway, gw suka banget sama tampilan website mereka. Please kindly check them out here 😀

Begitu sampai di Met Liefde, kesan pertama yang gw tangkep adalah, “Little old Holland”. Belanda banget, mengingatkan gw dengan Bakoel Koffie Cikini. Gw jadi makin nggak sabar buat masuk ke dalamnya.

Mohon maaf dokumentasi rumah makannya nggak ada, tapi yang jelas, begitu masuk ke dalam Met Liefde, rasanya kayak masuk ke rumah Belanda yang homey banget. Interiornya sendiri unik banget, perpaduan antara budaya Belanda, Indonesia, dan juga sedikit sentuhan Tionghua. Kita bisa pilih sendiri mau duduk di ruang mana, ada ruang tamu, ruang keluarga, dan juga teras depan maupun belakang. Gw sendiri pilih duduk di teras belakang.

Angin Bogor yang sepoi-sepoi (kebetulan lagi hujan disana Jumat kemarin), suasana rumah makan yang nyaman banget, bikin gw pengen cepet-cepet makan. Nggak pake lama, langsung buka menu. And I like this resto’s tagline:

“The old fashioned way to treat your tounge.”

Waaa, gw semakin penasaraaaaan. Baca-baca sedikit tentang sejarah restoran ini, Met Liefde ini sudah ada sejak tahun 2005, didirikan oleh 7 anak dari pasangan Willem Alexander Mohede dan Leonie Louise Mohede. Arsitektur tradisional Minahasa (Ambon dan Sangihe Talaud) menciptakan kenyamanan dan kehangatan rumah.

“To keep the existence of our parent’s house, an idea came up to make the house as a meeting place as well as to bring a new excitement to Bogor’s unique culinary journey.”

Prinsip yang cukup menarik dari Met Liefde Cafe. Dan, nama Met Liefde sendiri berasal dari bahasa Belanda yang artinya, “with love“, berasal dari idiom keluarga Mohede:

“Every little thing that we do it with love will surely result to a better outcome.”

Gw bingung mau pesen apa, daripada pusing-pusing, langsung aja tanya sama waiter-nya, specialty di Met Liefde Cafe itu apa aja. Konon katanya specialty di Met Liefde ini ada di steak dan pasta, nggak lupa dengan makanan penutupnya (dessert). Baiklah, pilihan makan malam pun jatuh pada Elza ve Steak (Rp47k) dan Ade pesan Bistik Tempo Doeloe (Rp47k) yang katanya recommended dari Met Liefde. Untuk minumnya, Ade pesen Chocoffee Blended (Rp25k) dan gw sendiri pesen Lemon Flavored Tea (Rp15k). Sambil nunggu makan malam datang, gw masih sibuk tengok kanan kiri. Adem banget sumpah!! Rasanya pengen gelar kasuuur. Dan gw nggak sabar dengan makan malamnya 😀 

Dan akhirnya pesanan kami dataaang!! 😀

Hmm, gw pribadi sebenernya bukan penggemar steak, tapi berhubung gw lagi nggak pengen makan nasi, akhirnya makan daging saja. Sepertinya enak. Yuk mari kita makan 😀 Elza ve Steak rasanya enak!! Dan berhubung tingkat kematangannya well done, biarpun rasanya sedikit keras tapi nggak mengurangi empuknya daging Sirloin, berbaur sama saus jamurnya. And I didn’t get to taste Bistik Tempo Doeloe. But Ade said it’s delicious too. Kasih jempol buat steak daging-nya Met Liefde. Dan kurang asik nih kayaknya kalo cuma makan steak aja. Dari tadi gw dan Ade lirik-lirik menu dessert-nya. Mata kita berdua nggak lepas dari Small Klappertart (Rp20k) dan Poffertjes (Rp22,5k). Daripada bingung, akhirnya pesen dua-duanya 😀

Klappertart-nya manis sekali. Saking lembutnya, gw berasa makan kwetiaw. Kelapanya berasa banget. Untuk Poffertjes-nya, manis banget. Rasanya kayak makan cakwe bentuk bola, dicampur eskrim vanilla dan susu coklat. Yum yum yum :D. But I didn’t get to eat the whole food, kekenyangan banget 😀 Great main course, great dessert, great ambiance, great satisfaction!! Me likes Met Liefde Cafe!! Will definitely come by again 😀 *sambil ngelirik menu Fried Rice Butter Campignon + Pizza Met Liefde + Lasagna Alforno*

Leave a Comment

