Cafe Batavia

Udah lama mau main-main ke Cafe Batavia akhirnya kesampaian juga. Alhamduuuuu..lillaaaaah.. Dulu waktu awal tahun, gw sama Riska udah lama pengen duduk manis di Cafe Batavia. Meh! Waktu dulu banget nih, gw sama sekali belum tertarik jalan-jalan ke Kota Tua, bahkan Cafe Batavia pun gw baru tau beberapa tahun belakangan *itupun taunya dari Facebook bekas ‘kasih tak sampai’, EAAAAA ketauan stalking-nyah..*. Riska antusias banget pengen kesana, sedangkan gw? Dimana ada makanan enak, disitulah gw berada.. 😀 Hee, nggak tau juga sih makanannya enak apa nggak. Kalo dari beberapa review bloggers yang gw baca, rata-rata cuma buat coffee talk/nge-wine. Ada juga sih yang pesen breakfast set, lunch/dinner, ataupun sekedar nge-dessert. Konon katanya sih range harga makanan/minuman di Cafe Batavia lumayan mahal untuk karyawati macam gw, karena mostly *masih katanya..* harganya disesuaikan dengan kantong bule-bule pelancong di negeri ini. Nggak sedikit juga review yang berkomentar miring soal service di Cafe Batavia untuk orang lokal. Bener nggak sih? Mari kita buktikan.. Begitu menginjakkan kaki di Cafe Batavia, langsung ditanya, “Untuk berapa orang, Mbak?“. Dengan lantang gw bilang, “DUA SAJA CUKUP!“. Eh salah, ini iklan BKKBN, sori maap 😀 

Hmm, kalo yang gw baca di blog orang, kita kalo dateng kesini bakalan ditanya, mau makan atau minum, di smoking atau non-smoking area. Denger-denger sih, kalo orang lokal cuma mau minum aja *tanpa merokok* biasanya dipersilakan naik di lantai dua tapi duduknya bukan deket jendela yang bisa ngeliat pemandangan ke Museum Fatahillah. Kalo kitanya makan, kita ditaro di lantai dasar, duduknya sekitaran tangga ke lantai dua *dan kebetulan smoking area*. Nah, kalo situ datengnya barengan bule, katanya juga nih, ditaronya deket spot-spot yang endes dan biasanya deket jendela. Gw sih emang pingin makan *padahal udah makan siang*, sedangkan Riska mau nge-dessert. Kita bilangnya di non-smoking area tapi belum tau mau makan apa minum. I think it was a pretty nice answer dan berhubung kita berdua doang, kita dipersilakan duduk persis di deket jendela yang menghadap Museum Fatahillah. Hore 😀 

Langsung minta menu dan ENG ING ENG!! Iya bener mahal, untuk harga minuman paling murah disini sekitar IDR 30k, itupun cuma English Tea. Yang paling mahal disini minuman beralkohol, macam wine dan bir yang dijual per-botol. Nggak tau mau minum apaan, tiba-tiba langsung pesen English Afternoon Tea (IDR 35k), sedangkan Riska pesan Ice Chocolate (IDR 40k). Untuk makanannya, gw cuma pesan Ridiculous Reuben Sandwich (IDR 89,9k) *harga belum termasuk pajak 21%*. Untuk dessert, terlihat menggiurkan, tapi belakangan aja deh. Takut kekenyangan. Pingin banget pesen Lamb Chop, tapi daripada kekenyangan nggak bisa pulang? Mehehehehehehehe..

Sandwich-nya lumayan enak. Lelehan kejunya gw suka *tapi kurang banyak*. Salad-nya juga lumayan. Tapi apa emang gw yang kampungan apa gimana, menurut gw roti sandwich-nya kurang cocok sama gigi gw yang rapuh ini. Keras men. Tapi so far so good, kecuali kentang yang terlalu banyak homemade mustard-nya. Gw menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam di Cafe Batavia. Bukan semata-mata menikmati makanan dan suasana sekeliling, tapi lebih ke santai di Sabtu sore. Dan sambil menghabiskan makanan, tiba-tiba ada BBM masuk,

X: “Nad, dah pulang lo??”
N: “Udah hehehe. Tumben nanya”
X: “Hehe.. Kirain br mau balik. Tadinya mau ajak maen. Lg dijakrta nih nad”
N: “Weeeeeeee.. Sampe kapan? Gw lagi di kota tua nih”

………………………… 

Waaaaa si bocah edan lagi di Jakarta!! Bilangnya dadakan pula. Buru-buru deh gw abisin makanannya dan bergegas menemui si bocah edan. Tapi sebelumnya gw ke kamar mandi dulu. Dan nggak disangka view di kamar mandi jauh lebih bagus daripada di ruang makan tadi 😆

Begitu keluar dari Cafe, langsung mencari si bocah edan. Long time no see, brother 😀 *bear hug*

Cafe Batavia is not really recommended sih buat orang lokal IMHO. Tapi kalo mau nongkrong di tempat yang agak klasik ala ala kolonial Belanda, tempat ini bisa dijadikan pilihan. Menurut gw, makanan sama minumannya kurang cocok sama lidah orang lokal. Menu Indonesia-nya pun gw cuma liat Soto Ayam, Sop Buntut dan Bandrek saja. Perjalanan ke Kota Tua sebenernya menyenangkan. Tapi sayang, udah terlalu rame nih. Hoi pemerintah, tolong dong ditertibkan pedagang-pedagangnya! 🙂

9 Comments

  1. teng kamu kapan ke kota tua? you know what, hari sabtu aku juga ke sana, dan SUMPAH pengen banget ke cafe batavia, berapapun harganya!!! tapi akhirnya ga jadi, karna kecantol rujak! lol. setuju bagian pedagang-pedagangnya! jadi ga bisa sepedaan *walaupun cuma bisa bonceng*

  2. Serius kamu ke Kota Tua Sabtu kemarin? Jam berapa? Wahaha dunia sempit 😀

    Cafe Batavia cuma begitu aja sebenernya. Makanan sama minumannya bikin dompet langsung tipis hahaha 😆

  3. Sama persis bgt awalnya gw jg penasaran bgt sm dlmnya tuh cafe… Tp Emang bener bgt price menunya mahal2_.. Tp gw suka bgt sm interior cafenya classic bgt.. Apalagi di toiletnya kereeeeeennn abizzz betah gwe foto2 di toiletnya…T.O.P.B.G.T Bangaaatttt deh interiornya 😀

  4. Hei posting km is truth, Aku first-time dtg ke Batavia cafe kebetulan brg bule.. Dan waitress nya lsg ksh tmpt di lt 2 deket jendela.. Haha kocak.. Trus gw ceritain ke bule dy lsg ketawa2 wkkw

Leave a Comment

