Merry Christmas!

To everybody who celebrates Christmas, I wish you all the joy of Christmas has to bring! May your Christmas be filled with God’s blessings.. Actually I’ve never done this before, I never greeted anybody with Christmas wish. Tidak bermaksud untuk melanggar menyanggah *yang katanya* aturan agama tentang larangan ucapan Selamat Hari Raya untuk agama lain, yang belakangan beberapa tahun belakangan ini menjadi tanda tanya besar buat gw, “Kenapa nggak boleh ngucapin? Ada yang salah?”. Hmm, mungkin isu keagamaan seperti ini sangatlah sensitif dan gw sama sekali bukan ahlinya dalam membicarakan hal ini. I just want to spread my opinion, and if you have something against this opinion, please do 🙂 

But lemme tell you some stories. Gw berasal dari keluarga yang bisa dibilang sangat agamais. Salah satu Kakek dianggap sepuh keagamaan di tempat tinggalnya. Selain belajar agama di sekolah, gw juga belajar agama di pengajian dan juga dari orangtua. Dan dari semua pelajaran agama yang gw dapet, ada beberapa sikap yang kadang-kadang kalo dicerna secara logika, “Masa iya sih? Emang harus begitu?”. Salah satunya adalah mengucapkan Selamat Hari Raya ke pemeluk agama lain. 

Aduh maaf yah topiknya agak berat. You can ignore this post 🙂 Anyway, some of my relatives said, mengucapkan Selamat Hari Raya ke pemeluk agama lain adalah haram. Berhubung waktu itu gw masih lugu dan polos, jadinya cuma ngangguk-ngangguk bae. Tapi seiring berjalannya waktu, timbul juga tuh tanda tanya besar. “Loh, kenapa bisa begitu? Emang kalo ngucapin selamat sama kayak makan babi? Emang kalo ngucapin selamat bisa ganggu keimanan? Dalil-nya darimana?”. Some of those relatives couldn’t explain it clearly. Paling males deh gw sama jawaban, “Ya dari sananya begitu..”. Iya tapi darimana? Dari Arab? Dan kalo dipikir-pikir, sahabat-sahabat gw yang non-muslim banyak banget yang ngucapin Selamat Idul Fitri, but they’re okay with that. Kenapa kita nggak melakukan hal sebaliknya ke mereka? Apakah agama gw segitu ekstrim-nya? Hmm, mungkin balik lagi ke kepercayaan aliran agama masing-masing kali yah. But all I need to know is an explanation behind all of this belief. Ketika nge-tweet greeting Natal sore tadi, tiba-tiba beberapa teman me-retweet postingan yang IMHO sangat acceptable. 

“Dan sesungguhnya di antara ahli kitab ada orang yang beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kamu dan yang diturunkan kepada mereka yang, sedang mereka berendah hati kepada Allah, dan mereka tidak menukarkan ayat-ayat Allah dengan harga yang sedikit. Mereka memperoleh pahala di sisi Tuhannya..” 

~ QS. Ali Imran : 199 

Ayat ini diturunkan kepada seorang Najasyi (yang saleh), beragama Nasrani. Ketika dia meninggal, Rasulullah SAW mengajak sahabat untuk menyalatinya. Berangkatlah kalian menyalatkan kawan kalian yang barusan meninggal, para sahabat bertanya, ‘Siapa dia ya Rasul?’. Jawab Rasul, ‘Al-Najasyi. Mintakanlah dia ampunan’. Orang-orang munafik mencemooh, ‘Lihat orang ini, yang menyalatkan seorang Nasrani yang belum dikenalnya, dan tidak seagama dengannya’. 

“Sesungguhnya orang-orang mukmin, Yahudi, Nasrani dan Shabiin, siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati..” 

~ QS. Al-Maidah : 69 

Kesimpulannya, selama dilakukan dalam batas toleransi, menghormati, tidak mencampur aduk akidah, menyampaikan selamat *dalam event saat ini* Natal itu boleh.. 

Source: @tweet_mui

See?! Why should not we say it? Kita ini tinggal di negara yang sangat plural, dengan berbagai macam agama, suku, bahasa dan juga budaya. Dan sebagaimana kita semua tahu, di dunia ini tidak ada agama yang mengajarkan umatnya untuk berbuat sesuatu tanpa toleransi apalagi perbuatan anarkis. Dan gw yakin kita semua cukup prihatin dengan konflik-konflik yang terjadi beberapa tahun belakangan yang katanya dilatarbelakangi oleh masalah krusial, yaitu agama. Well, all I can say, let us be together in peace! Let us walk side by side to make a better world! Once again, MERRY CHRISTMAS, people!

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s