Warung Betawi H. Muhayar

Hari Minggu kemarin, kakak ngebet banget ngajak kita sekeluarga makan siang di luar rumah. Baeklah, mau kemana sik emang? Kakak bilang, ada masakan rumah enak di daerah Ragunan sana. Masakan rumah? Trus kenapa harus makan di luar kalo bisa masak di rumah? Masakan apa pula itu? Kakak mendetail kalo RM yang mau kita datangi adalah RM Betawi H. Muhayar yang katanya lumayan terkenal. Jadi tema makan siang hari Minggu kemarin adalah keluarga Betawi berburu masakan Betawi 😯 Sempet-sempetnya gw browsing sebelum berangkat, dan ternyata menunya juga nggak jauh dari yang biasa dimasak Ibu setiap hari. Sayur asem, ayam goreng, tahu tempe goreng, gurame bumbu pecak, semur jengkol dan nggak lupa sama lalapan sambelnya. Tapi dateng dulu aja lah, semoga nggak nyesel. Berhubung kita semua belum pernah ada yang mampir, jadi ya cuma bermodal nekad dan insting sotoy. Review yang gw baca sebelumnya bilang kalo lokasinya itu setelah Telkom Ragunan dari arah Pejaten. Wah alamat RM-nya nyempil nih. Tapi alhamdulillah ketemu. Posisinya persis di sebelah Telkom Ragunan (Jl. Taman Margasatwa No. 8, Jati Padang, Jakarta Selatan). 

Nggak pake basa basi, begitu nyampe langsung order. Ini kalo nggak salah inget yah: nasi putih 8 piring, sayur asem 3 mangkok, ayam goreng kampung 8 pcs, gurame bumbu pecak 1 pc, lele bumbu pecak 1 pc, tahu tempe yang jumlahnya banyak banget, dan minumnya cuma air mineral, es teh dan es jeruk. Kalo dipikir-pikir kayaknya kalap banget ya, yaaa maklum emang udah pada kelaperan di perjalanan. Sambil nunggu masakannya siap, kita semua disajikan appetizer ala orang Betawi, lalapan. 

Lalapannya segar, sambelnya pedes. Mantab! Menurut gw sekeluarga, udah sesuai standar masakan Betawi. Hahahahaha sok iye banget ye.. Dan pas banget makanan utama kita datang hampir semuanya.. 

Nggak pake basa basi juga langsung hajarrr!! Biarpun udara Jakarta lagi panas banget, nggak mengendurkan semangat gw sekeluarga buat menyantap semua hidangan ini. Semuanya endang bambang, dan sekali lagi, sesuai dengan standar masakan Betawi, terutama sayur asem. Bahkan sayur asemnya bikin kakak kangen sama masakan Alm. Nenek gw dari pihak Ibu. Awalnya kita order tahu tempenya dikit, begitu dimakan, kita semua langsung pesen lagi karena memang tahu tempe yang seger banget. Dan ayam goreng kampungnya, gede banget. Seumur-umur makan ayam goreng kampung, ini adalah ayam yang paling gede menurut keluarga gw. Kita semua mengira ini adalah ayam negeri. Tapi jelas tekstur daging ayam negeri dan kampung beda kan? Daging ayam kampung lebih keras, gurih dan warnanya mirip tekstur daging bebek yang kecoklatan. Dan gw pun berhasil makan dua piring *doyan ape laper, mpok?*. Gurame dan lele bumbu pecaknya seger banget. Nggak cuma daging ikannya aja yang kita makan, kuah bumbu pecaknya pun bikin kita nggak berenti makan. Kalo kata Ibu, “Gw cocok makan disini! Ini baru namanya masakan Betawi!”. Tapi sayangnya lokasinya jauh banget ya Mah dari rumah. Kalo deket pun kita nggak akan masak setiap hari 😆 

Kalo makan disini, dimaklumi yah kalo tempatnya rada panas dan sempit. Maklum RM ini sederhana banget. Tapi ternyata yang dateng lumayan banyak, dari orang biasa sampai orang yang keliatannya kaya raya. Dan Ayah baru inget ternyata beliau pernah makan di tempat ini sama temen-temennya. Soalnya satu-satunya RM Betawi paling enak di Jakarta Selatan ya cuma ini *menurut Bapak gw*. Total ‘kerusakan’? Murah, beneran deh nggak boong. Cuma sekitar Rp300k-an aja untuk ukuran keluarga gw yang doyan makan. Sayur asem cuma dibandrol Rp5k per mangkok. Menu paling mahal untuk gurame pun dibandrol Rp50k saja. And FYI, lalapannya gratis, termasuk pete-nya.

Murah, kenyang dan puas. Could you ask for more? 😆

4 thoughts on “Warung Betawi H. Muhayar”

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s