Trubus Visit & Tour de Bank Museums

Gilak! Hari Senin minggu kemarin menurut gw udah padet banget dan capeknya emang ngepol. Tiba-tiba sahabat gw, Sarah, sms. 

“Asslm. Naaaad,, lg dimana lg ngapain?? Bosannya di rmh..” 

Another sign of mati gaya nih kayaknya. Lama-lama gw banting setir jadi penyedia jasa pendamping mati gaya. Jadi kalo ada yang mati gaya nggak tau mau ngapain, bisa kontak gw di blog ini, message/wall Facebook atau mention di Twitter. Hahahahahahahaha.. Anyway, ngobrol singkat via sms, diputuskanlah untuk keluar rumah hari Selasa. Tujuannya? Sarah mau bebelian bibit tanaman di Trubus, sedangkan gw, emang demen aja keluar rumah jalan-jalan. Yasudah yuk berangkat ke Trubus.. 

Kebetulan gw tau lokasi Trubus. Setiap pulang dari kantor Bapak kalo naik motor, pasti lewat Toko Trubus di Jalan Gunung Sahari III No. 7, Jakarta Pusat. Gampangnya sih lewat jalan di sebelah flyover Atrium Senen, nanti tinggal lurus aja sampe nemu belokan ke Jalan Gunung Sahari III. Dan panas Jakarta hari Selasa itu nggak nahan banget. Kaki gw sampe belang karena gw nggak pake sepatu yang tertutup. Gw sempet salah ambil jalan pas mau ke Trubus, tapi lesson learned banget soalnya gw jadi hafal jalanan *colek Oleg*. And here we are at Trubus, and Sarah started looking for the seeds she wanted.. 

Kalo pergi ke toko tanaman model Trubus, cocoknya sama orangtua gw, terutama Bapak. Entah passion berkebun itu datangnya darimana. Mereka suka banget tuh nanam tanaman macam Adenium *waktu masih booming*. Sayangnya sekarang udah jarang nyentuh kebon belakang rumah. Seumur-umur gw nanam tanaman paling banter cuma pohon toge, kacang tanah ama kacang ijo. Itu pun nggak sampe lebat banget. Dan melihat Sarah kayaknya semangat banget mau jadi tukang kebun rumahan, gw jadi pengen ikutan. Sarah beli bibit selada, sedangkan gw, sebagai pemula memilih yang gampang ditanam, yaitu bayam cabut. I’ll post about my experiment later 😀 Selesai dari Trubus, langsung cabut ke daerah Kota. Gw mau liat isi dari Museum Bank Mandiri dan Bank Indonesia. FYI, seumur hidup gw nggak pernah ke museum. Sekalinya ke museum cuma ada di Taman Mini, Museum PPIPTEK, tapi sayang itupun untuk memenuhi tugas jaman SMA selama liburan semester berlangsung. Gw sempet dagdigdug begitu masuk ke museum-museum itu, takut roaming dengan sejarah bank-bank tersebut. Semoga nggak deh yey 😀 

Pertama-tama museum yang gw masuki adalah Museum Bank Mandiri. Dalemnya? Klasik dan *maaf* agak dusty karena alat-alat tua yang diperlihatkan. 

Gw nggak punya sixth sense sih, tapi entah kenapa rada merinding aja masuk ke museum ini. Gelap banget, dan ada beberapa bagian yang nggak terawat, bikin gw ngerasa kurang nyaman, ditambah dengan siswa siswi yang lagi pacaran di pojokan. Ganggu. *keganggu ama sirik beda tipis yah 😆 *. Dan tidak ada penjelasan detail di beberapa sudut, tapi lumayan lah buat sight-seeing barang-barang tua, sekaligus tau sedikit tentang napak tilas dari Bank Mandiri dan juga partisipasi orang sukses di belakangnya. 

Perut gw dan Sarah sebenernya udah keroncongan, cuma tanggung nih. Biar nggak bolak balik nanti pas nyari makan – solat – jalan ke museum lagi, mending ke museum lagi aja sekalian. Dan kali ini masuk ke Museum Bank Indonesia yang subhanallah ademnya 😀 

Gw pernah random liat bentuk dan dalemnya Museum Bank Indonesia via foto orang di Facebook, dan lumayan beda banget. Ternyata udah kena rombak abis-abisan tapi nggak meninggalkan kesan klasik jaman dulu. Plus adem banget di dalemnya. Detail informasi tentang sejarah dunia keuangan Indonesia juga lumayan lengkap disitu. Sayang gw lagi ngantuk banget jadi kurang pay attention sama informasinya. Dan gw suka banget sama ‘lapangan’ yang ada di dalem Museum Bank Indonesia ini. Pasti deh tempatnya sering dijadiin lokasi foto pre-wedding saking bagusnya.. Dan yang bikin gw makin kagum sama penataan dan arsitektur Museum Bank Indonesia adalah ketika gw dan Sarah mau solat di mesjid belakang Museum BI. Tampak depan dan tampak samping terlihat bagus sekali. Feeling gw di dalemnya lebih bagus lagi dan somehow I got a feeling di dalem lebih adem *yaiyalah neik wong mesjid kok..*

Aaaaa, keren banget!! Percaya atau nggak, mesjid ini adem banget!! Dan mesjid ini nggak pake AC sama sekalik!! Hebat hebat!! Cuma ada satu kipas angin di mimbar imamnya. Atap yang dibangun tinggi dan sirkulasi udaranya diatur supaya pengguna mesjid merasa nyaman tanpa harus kepanasan karena udara di luar atau kedinginan kalo pake AC di dalam. Jadi, di sudut-sudut bangunan mesjidnya kayak ada semacam rongga *yang menurut gw mirip insang ikan* untuk sirkulasi masuk keluar udara. Sumpah ya Jakarta minggu kemaren panas banget, bahkan bikin kaki gw belangnya kebangetan. Tapi di dalem mesjid ini nggak panas sama sekali. Hihi senang 😀 

Kelar nge-museum, langsung pindah tempat ke sekitaran Museum Fatahillah. Gw lagi males berburu restoran di daerah Kota *sebenernya takut nyasar*, dan akupun tak membawa uang banyak. Jadi ya makan ala kadarnya aja. Enak ke Kota Tua nih pas weekdays begini, dibandingin sama kunjungan gw waktu itu, yang ini jauh lebih sepi. Sekaligus bikin gw jadi kesusahan cari makanan. Akhirnya ya terpaksa makan yang ada disitu.. 

Biar kucel marucel bau sangit kena matahari, kita foto dulu yesss.. 😆

Udah kenyang, udah narsis, udah pegel. Pulang yuk shayy!! 😀 And it was a fun journey anyway! Let’s take this kind of trip again next time 😀

2 Comments

Leave a Comment

