No Rice For Lunch

Pernah nyoba makan siang tanpa nasi? Sebelumnya gw nggak pernah sama sekali makan siang tanpa nasi. Entah kenapa kalo makan siang nggak ada nasi rasa-rasanya kurang nendang. Mungkin karena lambung ini sudah akrab sekali dengan nasi, sekaligus menandakan gw adalah warga negara Indonesia sejati 😆 But anyway have you tried it before? I just did for some days in a week 😀 Bukannya mau sok-sokan nggak mau makan nasi, kebetulan beberapa hari dalam seminggu itu gw sarapan agak telat, jadi jam sarapannya mendekati waktu makan siang alias brunch. Sementara sarapan paginya menggunakan nasi, kayaknya kalo ditambah nasi pas jam makan siang rasanya begah luar biasa. Pikir-pikir gw harus cari alternatif lain untuk makan siang pengganti nasi. Sekitar semingguan yang lalu, gw sarapan hampir jam 11 siang, biarpun orang di rumah bilangnya udah masuk jam makan siang. Sementara sekitar jam 12-an, gw belum merasa lapar sama sekali. Alhasil, gw melahap dua buah roti isi mini dan juga semangkuk cornflakes dengan susu segar dan pisang. 

Tapi sayang.. Gw masih belum kenyang. Sejam kemudian gw keluar rumah cari makanan yang bisa dimakan kecuali nasi, karena dirasa porsi sedikitnya yang sudah sangat mengenyangkan. Akhirnya pilihan pun jatuh pada semangkuk bakso malang.. Dan barulah gw merasa kenyang. Alhamdulillah.. 🙂 Biasanya kalo nggak makan nasi, kepala gw langsung pusing, rasanya seperti masuk angin. Tapi untuk kali ini ternyata tidak. Mungkin tubuh gw sudah bisa menyesuaikan diri dengan makanan tanpa nasi. Dan seharusnya tidak secepat ini.. I wonder why.. I tried to check on some articles on the net, tapi tidak menemukan dampak-dampak yang ditimbulkan dari makan siang tanpa nasi. Kenapa harus ada efek samping juga? Wong WN di luar negeri sana sudah biasa makan tanpa nasi *karena nasi bukan makanan pokoknya*. Maybe it’s just a matter of time a stomach can finally adjust the food. Beberapa hari setelahnya pun, gw makan siang dengan cara yang sama. Kebetulan waktu itu gw nggak sempet sarapan dan hanya minum susu saja. Ketika sampai di satu pusat perbelanjaan, rasa-rasanya ingin makan, tapi gw nggak mau makan makanan berat. As a starter, gw makan roti isi tuna dan keju untuk pengganjal sementara karena harus pergi ke tempat lainnya. 

Pikir-pikir kayaknya udah kenyang, ternyata begitu sampai di tempat yang dituju berikutnya, gw mulai melapar kembali. Tapi rasanya sama seperti lapar ketika di rumah waktu itu. Dan gw harus makan lagi karena perut ini sudah terasa kosong. Tapi gw tetep nggak mau makan nasi. Then what to eat? I decided to eat a big sandwich with salad, dengan minum milkshake pisang + stroberi. And I gotta tell you, I was full enough. 

Ngerasa pusing? Nggak sama sekali. Now I can finally believe I can’t eat without rice. Tapi nggak boleh sering-sering juga, karena asupan energi dari nasi jauh lebih besar daripada makanan pokok lainnya. Kecuali memang niatnya untuk diet. Now would you like to try too? It’s still good though 😉

2 thoughts on “No Rice For Lunch”

  1. Nad.. Bagus itu kalo bisa makan tanpa nasi. Secara nasi itu kalo gak dimakan gpp, malah lebih sehat. Try baby potato yg direbus deh. Teus pake smoked beef dipotong tipis, diaduk pake minyak zaitun :-p enak.. Hihi

  2. Sebenernya mau nulis panjang-panjang cuma matanya nggak kuat T_T”
    Anyway, biarpun kita masih muda, pola makan harus dijaga juga ya. Takut banget divonis nggak boleh makan enak macam nasi putih atau jeroan-jeroan itu huhuhu. Udah mulai belajar makan makanan pokok selain nasi. Pengen banget ganti nasi putih pake nasi merah tapi gw masih minoritas di rumah.
    Praktek ah masak minyak zaitun + baby potato + smoked beef 😀

Leave a Comment

