Tips Menggunakan Jasa Pengiriman

Judulnye formal gilaaaaak.. Hahahaha.. Saya lagi gatel pengen nulis-nulis *hobi aneh dari jaman masih kecil*, dari kemaren sih udah numpuk mau nulis apa aja, tapi karena satu dan banyak hal, hilang sudah nafsu menulis yang menggebu-gebu itu. Beberapa hari yang lalu, akik pergi nemenin kerabat nganter undangan pernikahan. Waktu pelaksanaan undangannya sendiri lumayan mevet, dan mbak-mbak penjaga agen pengiriman juga menjelaskan estimasi waktu pengantaran dan juga biaya pengirimannya. Saya yang tadinya diem-diem aja jadi ikutan kasak-kusuk pengen komentar (ke pengirim dan juga agen pengirimannya). Dan sebagai seorang mantan karyawati salah satu perusahaan jasa pengiriman, ada baiknya saya bagi-bagi tips sedikit soal penggunaan jasa pengiriman. Semoga bermanfaat.. 😆 

Pengirim/Shipper

Ambil contoh gampangnya adalah pengiriman undangan pernikahan. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah pengecekan berapa banyak undangan yang akan dikirim, dan juga cek nama penerima + alamat selengkap-lengkapnya (kalo perlu buat rekap data pengiriman – semacam checklist nama), sekaligus nama undangan yang diprioritaskan. Banyak dari pengirim lumayan pede mencantumkan nama penerima dengan nama panggilan. Misalnya nama lengkap penerima undangannya Soleh Muhammad, di undangan ditulis Somad. Dan pengecekan alamat lengkap dimaksudkan agar undangan sampai tepat pada waktunya (nggak pake nyangkut karena alamat nggak ketemu atau alamatnya nggak jelas). Banyak juga pengirim yang menulis alamat dengan nama jalan, nomor rumah, dan kode pos saja. Well, sekali lagi, kalo mau undangan sampai tepat waktu, tulislah alamat selengkap-lengkapnya. Dan kalo emang pengirimnya ngotot dengan nama penerima dan alamat pengiriman yang seadanya, mohon dicantumkan nomor telepon penerima yang bisa dihubungi. Biar apa? Biar kalo alamatnya nggak jelas, atau penerimanya nggak dikenal, bisa langsung dihubungi oleh jasa pengiriman untuk diantar ulang kembali. Setelah checklist nama, alamat, no. telepon sudah siap, tentukan waktu pengirimannya. Selambat-lambatnya pengiriman adalah H-7 sebelum acara. Tapi kalo bisa sih jangan, apalagi kalo tujuan pengiriman di luar kota. Misal tempat pengiriman di Jakarta, tujuan undangan ke Tangerang, Bandung, Yogya. Untuk yang di luar daerah kalo bisa H-2 minggu sebelum acara, dan ini juga termasuk dalam undangan prioritas. Pengiriman sedini mungkin ini dimaksudkan agar undangannya sampai tepat waktu. Jadi deket hari H acara udah nggak perlu rungsing lagi soal undangan yang belum sampai 😆 Dan setelah dapat nomor pengiriman, segera lacak dengan menggunakan fasilitas telepon, SMS dan internet. Pastikan pengiriman berjalan dengan lancar.

Memilih Jasa Pengiriman

Untuk memilih jasa pengiriman itu cukup mudah. Di Indonesia sudah banyak banget jasa pengiriman barang dan dokumen yang menawarkan berbagai macam paket dan harga. Yang perlu diperhatikan dari jasa pengiriman adalah estimasi waktu pengiriman, pelayanan (Customer Service, tracking barang, handling barang), dan juga harga tentunya. IMHO, semua paket yang ditawarkan sebenernya sama aja. Cuma beda harga dan kecepatan pengiriman. Rata-rata dari kita banyak yang ambil service reguler. Perlu diperhatikan oleh pengirim, kalo mau kirimannya sampai sesuai dengan estimasi, sekali lagi, cek nama penerima + alamat lengkap + no. telepon. Hampir semua jasa pengiriman punya akses dan tracking barang yang cukup baik, sehingga barang/dokumen yang diantar sampai tepat pada waktunya. Apabila dokumen/barang belum sampai ke tangan penerima, segera menghubungi bagian Customer Service untuk segera ditindaklanjuti. Sebagai customer, kita berhak untuk meng-claim jasa pengiriman apabila service-nya tidak sesuai dengan yang dijanjikan (tentunya setelah tracking dan fakta dikemukakan). Dan perusahaan jasa pengiriman yang baik adalah yang memperlakukan customer-nya dengan baik dari pertama kali datang ke tempat pengiriman sampai barang sudah sampai ke tangan penerima. Gunakan layanan Customer Service yang disediakan oleh jasa pengiriman.

Hmm.. Sebenernya simple aja sih. Kalo kita si pengirim mengikuti prosedur yang ada, insya Allah pengiriman barangnya lancar tanpa hambatan. Yaaa, sama-sama enak aja lah. Kita sebagai pengirim sudah tertib, tinggal menyerahkan sepenuhnya pada pelayanan yang diberikan jasa pengiriman. Kalo nggak puas, silakan komplain, supaya ada perbaikan pelayanan untuk jasa pengiriman. Apabila dari informasi ini ada yang kurang, silakan monggo ditambahkan.. 😆

2 thoughts on “Tips Menggunakan Jasa Pengiriman”

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s