Be Careful Befriend With The Unknown!

Judulnya kepanjangan. Hahahaha.. Hmm, how to start yah? Well, ini kejadian baru aja, atau mungkin masih bisa dibilang sedang terjadi *sambil nulis sambil mantau timeline Twitter*. Suatu hari, temen saya nanya, saya pernah pesen sesuatu nggak sama salah satu temen blogger. Saya bilang sih belum pernah. Seumur-umur saya pesen barang dari internet cuma di Kaskus, Cotton Ink, sama iWearUP, dan itu semua alhamdulillah nyampe ke tangan saya sendiri (biarpun kadang telat dikit). Akhirnya dia bilang dia pesen sesuatu sama salah satu temen blogger *plus sudah transfer uang tanpa tau estimasi waktu kapan barangnya sampai*, yang saya juga kadang suka berinteraksi  (and somehow I admired her writings/artworks) tapi belum pernah berhubungan langsung di dunia nyata. Katanya temanku ini, ada isu modus penipuan terselubung dari teman blogger yang katanya random ini. Saya yang sebenernya cepet banget kalo suudzon nggak mikirin banget-banget. Mungkin aja barangnya emang lama banget sampenya, atau mungkin nyangkut di jasa pengiriman. Well, ternyata oh ternyata.. 

Kemarin temanku yang merasa tertipu (belum tau fix tertipu), berbagi forward-an email dari beberapa teman blogger. Agak bingung sekaligus shock sih bacanya. Saya rada nggak nyangka aja ternyata nipunya nggak main-main. Tapi untung nominal yang ditipu ini nggak sampe berjuta-juta, cuma beratus-ratus ribu tapi sering *sama aja yah?*. Saya masih nggak mau suudzon, tapi udah terlanjur aware dan jaga jarak. Jujur saya hampir terjebak untuk beli buku second yang katanya banyak banget jumlahnya itu, dan saya juga hampir pesan artwork darinya *yang terlihat menggiurkan itu*. Saya yang memang daya keponya melebihi tegangan listrik, jadi menggebu-gebu blogwalking dan googling sana sini dari link yang saya dapet. Dan hasilnya? MENAKJUBKAN! LUAR BIASA!! Orang ini pinter banget nulisnya. Cuma kok kebangetan bego apa pinter apa gimana ya, kok bakat nulis sebagus itu nggak dijadiin buat nyari duit halal malahan nipu beberapa blogger dari tahun 2000 something?

Maafkan bahasaku yang tiba-tiba kurang beradab yah manteman.. Tapi penipuan ini harus kita hentikan. Saya pribadi lebih percaya kenalan, ngobrol dan ketemu langsung daripada cuma cuap-cuap ngobrol di messenger atau social media (in some cases, mungkin masih acceptable — or not at all, err never mind). But I believe, beberapa blogger yang menutupi identitas diri karena privasi adalah orang-orang yang beneran jujur, bukan orang yang sembarangan bullshitting about their fake life and stuff. So, yang merasa pesan barang apapun via dunia maya, mending ketemuan langsung sama orangnya. Atau kalo orangnya jauh, minta tolong sama temen yang ada di daerah yang sama. Kalo masih clueless juga, cek testimonial dari orang lain, kepoin sekepo-keponya. Pokoknya sampai kita semua merasa aman dan nyaman dengan kenyataan yang memang benar adanya.

Untukmu, sang penipu.. Terima kasih untuk cerita-cerita ‘random’-mu yang kupikir benar adanya.. Kamu sangat berbakat, tapi maaf, bakatmu tak sebagus kelakuanmu. XOXO.

P.S.:

Saya nggak punya dendam pribadi sama oknum P atau O atau A atau ABC ini lah pokoknya. I’m not going to remove it anyway. I wrote this story in order to remind us all to be careful of who you make friends with via dunia maya. Update terakhir dari kasus ini bisa dilihat di posting-nya Mbak Tyka. Dan semoga kasus ini menjadi pelajaran bagi kita semua. Amin.

75 Comments

    1. Waaaaa cepet banget yah berita kesebarnya hehehe.. 😆
      Awalnya kan dia muji-muji dulu biar dapet sedikit ‘endorse’, abis itu baru dilancarkan modus penipuannya.. Alhamdulillah yah, kita keburu tau aslinya. Temenku ada yang udah terlanjuran transfer uang 😦

      1. Iyaa kmrn aq juga kepo tuh…tak liat blog nya…beneran klo blm dpt cerita dari temen blogger mungkin gak percaya ya. Tapiiii ternyata korbannya udah byk.

        Semoga yang lain pada ngebaca post mu ini, udah aq like dan tarok di link wp ku juga.

    1. hahahaha.. padahal kayanya dia baru aja ya kenal sama Selly ma Nadya. malah tiap postingan Nadya kan dilike sama dia. hihihi..
      kirain malah kalian udah ikrib..

      buku harry potterku belum nyampe jg. yg awalnya katanya adeknya salah nulis nama,trus katanya nyasar ke sulawesi (padahal aku ngirim ke jakarta),trus beberapa hari lalu bilangnya mau kasih sekalian ketemuan ngomongin bisnis,tapi alhamdulillah ngga jadi. kalo jadi mungkin aku ngga cuma rugi 200ribuan tapi mungkin jutaan. huhuhu..
      alhamdulillah kemaren masih ditolongin Allah..
      yaudahlah diikhlasin aja, semoga duitnya kepake buat hal yg bener dan dia cepet tobat. aamiin.. 🙂

      1. Waaaah untung banget deh nggak akrab. Akrab cuma di dunia maya means nothing for me. Apalah arti akrab kalo nggak bertatap muka? Ya kalik sahabat pena masih eksis hihihi.. Gw juga hampir pesen buku-bukunya yang menggiurkan itu Nin. Tapi Allah berkehendak lain dengan menghabiskan budget gw untuk beli buku hihihi. Karena kalian satu kota, diajakin kopdar yak? Hahahaha.. Untung yah belum kejadian..

        Ikhlaskan saja uangnya. Semoga uangnya bisa mengobati dirinya yang random itu..

  1. Tau gak sih Nad? Waktu baca postinganmu yg km bilang abis dipuji2 ama Si Oknum…. Aku lgsg krasa gak enak. Makanya pas akhirnya kebongkar, aku buru2 SMS Selly dan minta Selly kasih early warning ke kamu. Krn emg modusnya dia tuh gitu. Muji2 orang…. Samber sana sini. Awalnya kukira dia ini cuma seorang Social climber. ….eh yg bikin syok kok ujung2nya nipu.

    1. Waaaaa makasih Mbak Tyke. Untung Selly langsung warning dan kasih clue. Aku langsung aware dan jaga jarak *by the time she replied my tweet*. Untung aku cuma dipuji, belom dibikinin artwork, dan aku nggak beken kayak blogger lain, — jadi pamor numpang hits-nya nggak seberapa hahaha.. 😆 Tertarik untuk pesen artwork? Hampir. Tapi langsung mikir, penting amat yak aku pesen begituan, nggak kenal juga sama orangnya. Sayang yah ceritanya cuma ngibul dan mungkin sebagian ada benarnya.. Aku hampir tertipu..

      1. Iya naaad! Aku tuh mengamati tweet2nya dia dan ngeliat, siapa nih yg sering bales2an tweet ama dia, ndyai siapa ya? eh taunya itu kamu 😛 Istighfar eh istirahat eh istighfar yaaa 😛

    1. Salam kenal, Mas.. Asik nih kalo bisa kopdar.. *bukan sok akrab* 😆

      Semakin berhati-hati yah sama yang beginian. Bisa-bisa duit hasil kerja keras kita (biarpun nggak seberapa) malah ludes buat yang nggak-nggak. Semoga yang random ini dosanya diampuni Tuhan yah.. Amin.. 🙂

  2. wah banyak juga ya yang kena tipu dia :/
    aku sih ngga kena tipu uang jadi ngga rugi apa2.. tapi nyesel pernah kenal sama penipu gitu.. padahal dulu waktu aku pertama punya blog dia yang ‘ngeramein’ gitu… ternyata ada maunya yah…
    untung dari awal emang ngerasa rada gimana sama orangnya jadi ngga berusaha temenan hahah

  3. bener, emang mesti ati2 banget deh di dunia maya gini. soalnya kita gak ketemu langsung ya, dan bisa aja orang bohong soal identitasnya….

    yang penting kita harus selalu waspada.. dan gak gampang percaya ya..

  4. Padahal aku baru mau obral koleksi novelku.. hixs.. mesti ditunda dulu deh ya, ntar dikira sejenis sama si Pepi, hehe..
    Salam kenal ya Nadya, nggak bermaksud sok akrab lho ini 😀

  5. Untung waktu itu aku gk jd mau komen ngajak kenalan di blog dia, salam kenal ya nadya…gr2 pepi jd berantai nih aku nulis komen dan kenalan kemana2 padahal mah biasa cemen *silent reader*

    Note : gk maksud sksd yak hihihi 😀

    1. Mari kita ambil hikmahnya.. Kita bisa jadi saling kenal satu sama lain, baik yang udah kena tipu maupun hampir kena tipu hehehe..

      Salam kenal.. 😆 *aku ngajak kenalannya tulus kok hahaha*

      1. *salaman* aku juga baca post dia yg muji2 kamu lo nad, aku sempet mikir niy org agak lebay kayanya cara mujinya eh pas udah tau kalo dia tukang ngarang stadium akhir pantes lah bisa nulis sebagus itu hihihi

  6. aku ga ketipu sih, tapi sempet dikirimin makanan gitu.
    awalnya dia nyari blogger jogja, mau disuruh cobain masakannya. tapi tetep penasaran dong, cari tau alamatnya ga nemu juga tuh. malah ga ada ruko sama sekali di jalan tempat dia tinggal 😀

    thanks for sharing yaa 🙂

  7. comment boleh ya kak? 🙂 aku nemuin blog kakak dari salah seorang temanku di Semarang.
    mungkin yg kakak maksud di postingan ini adalah orang yg sama yg nipu aku & temen-temenku 3 tahunan yg lalu, Ata. aku pribadi pernah ketemu langsung sama dia, 2kali dia ke Jember (tempat tinggalku). bahkan dia sempat menginap di rumahku & macarin temenku.
    aku tau dia penipu setelah salah seorang temanku transfer uang berjuta juta ke dia yg katanya saat iru akan disumbangkan untuk korban Merapi di Jogja, tapi setelah ditransfer gak ada tanda2 kalo uang itu digunakan sebagaimana mestinya. kita sempat mendesak dia, bahkan dia sempat mengadu domba aku dan teman-temanku dengan memutar balikkan fakta. setelah berunding dengan teman2, kami sepakat untuk mendesak dia mengembalikan uang. syukur uang udah kembali meski g 100%. setelah kejadian ini dia menghilang tanpa jejak. ak pikir sudah g ada kejadian seperti ini tapi ternyata masih berlanjut.

    1. Hey! Terima kasih banget yah udah sharing, nanti aku sebar ke teman-teman yang lain. Iya yang kita omongin disini adaklah si Ata, Noto, Sheno Monkey, Pepi Popon Pupen yah whatever her name lah. Ternyata korbannya banyak juga yah, semoga dia semakin jera. Syukur uangnya masih bisa kembali, kalo teman-teman yang lain agak susah mintanya *karena cuma ratusan ribu*.

      Hihi kalo boleh sharing lebih lengkap, jangan sungkan yah.. 🙂

  8. aku kenal dia dari friendster kak, jaman aku SMA sekitar 2008. waktu itu dia macarin temenku, kapten basket sekolah yg banyak disenengin anak-anak. nah dari situlah dia mulai ngeads temen-temen disekeliling si kapten ini. banyak banget, semuanya anak SMA, kita satu kota di Jember. dia baik banget. tiap hari smsan, jadi teman curhat galau-galau. Bahkan karena dia, aku bisa dapet banyak temen. Awalnya dia suka minta tolong beliin pulsa dengan alasan dia sibuk, gak bisa keluar, blablabla. utang pulsanya gak nanggung sampe ratusan ribu meski ya akhirnya dia bayar juga sih. kejadian berlanjut waktu dia nulis buku dan posting di facebook & blog. dia pengen kita beli novel pertamanya yg wktu itu dipatok harga 150rb. ya kita anak-anak Jember tanpa curiga langsung aja transfer ke rekening g dia sebutin. total sih ada 10orang yg transfer. tapi sampe setahun setelah itu, buku g pernah nyampe dengan alasan macem-macem. tapi begonya kita masih aja temenan sama dia tanpa mikir aneh-aneh.
    pernah pertama kali dia datang ke Jember dia nraktir kita buka puasa padahal saat itu buku yg kita pesan belum dateng dan bego nya lagi kita tetep berbaik sangka sama dia sampe nebengin dia di rumahku semalam dan antar dia muter2 sampe balik ke Jakarta.
    oia, kabar terakhir dia pernah sebulan stay di kosan temenku di Jogja. beberapa bulan lalu waktu aku ulang tahun, dia sempat nitip ucapan ultah ke teman aku yg di Jogja. segini dulu sharenya 🙂 hehe

    1. kayak-kayaknya kok tau ya siapa nnay ini… cewek jember yg diaku2 temen deket sama si ata. kuliahnya di surabaya bukan? hehee kok bisaaa serombongan ketipu mentah sampek mateng sama ni orang yak? lebih anehnya lagi kok bisa juga yaa dia macarin teman dikau yang kayaknya high quality ituu… waooowww *tos dulu sesama ketipu

      1. Apa Ninda juga salah satu yang tertipu? Hmm, semoga bukan yah..

        FYI, utang temen-temen kita yang tertipu sepertinya nggak akan kembali utuh. Even artwork temenku nggak nyampe-nyampe, seperti yang dijanjikan si Popon 🙄

  9. haloo.. aku sampe ke blog ini gara2 #terPEPI thanks for sharing ya. btw serem deh baca komen yang tentang dia pernah nipu uang untuk korban merapi 😥
    oh ya Pepi nya udah ‘konfirmasi’ di blog nya randompeps ga tau deh tuh apa bisa segampang itu 😦

    1. Hai hai!! 🙂

      Errr, nggak tau deh yaaa apa konfirmasi-nya bisa ditelan mentah-mentah sama teman-teman yang udah ditipu. Biarkan mereka yang bertindak, dan semoga beneran kejadian yah, bukan hanya janji palsu belaka.. 🙂

  10. Hiiii…salam kenal ya…
    Gara2 baca postingan ttg pepi di beberapa blog..aku jadi inget pernah ditipu ama seorang blogger..dan ternyata pepi itu sama dengan orang itu yg ngakunya namanya ata…
    Kirain org itu uda gak ada lagi…ternyata dy muncul dg nama lain…
    Padahal dulu aku tau dia pas masih belum nikah,,sampe skarang aku uda punya anak umur 1,5taun dan makin banyak yg ketipu ama dia…

  11. klo dpikir2 gw jadi takut bok. slama ini gw ngrasa dia satu2nya temen blog gw yang sama2 gamau pasang foto pribadi karna alasan privacy. Kalo gw sih emang bener2 privacy n misua ga kasi ijin.. ternyataaa kok mala dipake dia bwt nipu yaaa.. amit2 mudah2an ga ada yg jadi takut ama blog gw juga ya hehehe 😛

  12. salam kenal
    aku jg msh suka kagum sama keahlian dia mengolah kata dan artworknya
    ya, semoga kali ini dia bener-bener berjalan d jalan yg lurus, memanfaatkan kepintarannya, aamiin

  13. Gilak! Beratus ribu mah klo sering bisa berjuta juta juga nad… Untuuuuuuuuuuuung gw bukan tipe yg suka belanja… Mihihihi… Semoga penipunya sadar y nad… Btw, nama bloggernya appah? * biar bisa waspada gitu nad….

  14. i don’t even though about..
    one tips, trust THE REAL FRIEND WITHIN yout faith…
    pernah jg kjadian mirip kayak gini, ngaku supplier makanan fancy..
    aku pesen WAGYU, tp yg dikasih sapi daging sapi lokal tanpa marble sdikitpup, untung COD, gak jd bli deh….

  15. somehow, too even;y kind people is slightly membraned with the dummiest….
    don,t trust the unknown, that’s for sure..
    klo korbannya kebanyakan, isn’t her too clever, i just though instead….
    sorry
    * jd ikutan emosi jg baca bbrp posting ttg pepe penipu

    1. Entah dianya yang pinter, apa kita yang bodoh nih mas.. Tapi (katanya) ada niatan baik dari orangnya kok.. See the updated link in the post, bro 🙂

  16. Tenkky blog mu hijrah yah dari blogspot ke wordpress? Aseli ini cerita heitss banget yaah sampe akyu gemes pengen toyor anak inihh.. Hhhhh! Udah baca ceritanya di Selly dan blogger-blogger lain.. A psycho does really exist yaah 😦

    1. Iya, Nda.. Aku hijrah tempat blog 😆

      Iya ini ceritanya hits banget minggu lalu, sampe masuk blog detik.com. Hati-hati yah kalo kenal sama orang dari dunia maya.. *yaiyalah, wong wujudnya juga absurd*

  17. setelah aq liat foto n cerita di blog tmen” ..kog aq rasa prh liat ini org..
    trnyata klo ga slh dy masuk jg ke blog beauty blogger tmpat kami..
    semoga tmen” lain ga tertipu sm ini org lg..

  18. Salam kenal ya Nadya ,
    Kayaknya aku ketinggalan berita banget nih, btw pepi nih nama asli ato palsu sih?
    Jaman sekarang, menurutku, kalo udah masalah uang gak kenal hub darah, gak kenal teman dari orok deh. Ada kesempatan langsung babat !
    Buat temen2 pesenku satu aja, ati atiiii.
    Btw boleh ngelink blog km ?

    1. Pepi itu nama samaran, di-klik aja link yang aku punya diatas. Iya jaman sekarang susah percaya sama orang, hati-hati ya..

      Monggo di-share tulisannya. Mungkin link yang aku punya diatas lebih mendukung 🙂

      Salam..

Leave a Comment

