Jakarta Japan Matsuri 2013

Hari Minggu lalu saya di-WhatsApp-in temen, nanya mau ikutan ke Japan Matsuri apa nggak. Kebetulan saya udah ada janji sama yang lain. Akhirnya saya bilang insya Allah nyusul. Hehe nggak biasa-biasanya sih saya dateng ke acara Japan Matsuri. Dulu sih pernah di tahun 2007 atau 2008, tapi cuma nemenin temen aja yang waktu itu tergila-gila sama negara Jepang. Kali ini juga kalo sempet saya bakalan dateng. Nah, kelar meet up sama temen di Senayan, saya langsung ngacir ke Monas. Mungkin karena hari Minggu dan hari terakhir Japan Matsuri Festival, wilayah sekitaran Monas padat hampir nggak gerak. Saya sendiri agak kesulitan masuk ke dalam, ditambah tiket masuk terjual habis. Akhirnya pake jurus tepu-tepu dikit, berhasil masuklah saya ke dalam venue 😆 

Acara Japan Matsuri ini berlangsung selama seminggu. Mostly diadakan di daerah Senayan. Tapi penutupan diadakannya di Monas, mungkin karena keterbatasan tempat juga kali yah hehe 😆 As usual, nggak peduli sih bintang tamunya siapa, saya cuma pengen nikmatin venue-nya saja. Makanan di Japan Matsuri sih standar yah, kayak Takoyaki, Okonomiyaki, Bento, Udon, Sushi, ya pokoknya gitu-gitu deh. Well, nggak sedikit sih yang saya liat makan nasi bungkus 😆 Yang datang ke penutupan hari itu bener-bener nggilani, buanyak banget — dari yang pakai cosplay sampai yang bajunya casual aja, padat memenuhi wilayah Monas. Iseng saya tanya,

“Emang pada mau nonton apaan sih kalian?”

“Ini si M mau nonton JKT48. Trus nanti ada Agnes Monica juga loooh..”

Yasalam.. 😯

Akses menuju ke dekat panggung pun sulit diterobos. Ya bukan saya juga sih yang tergila-gila sama JKT48. Selama ini saya cuma denger rumor kalo lebih dari 90% fans-nya JKT48 adalah laki-laki dari berbagai kalangan usia. Coba aja deh kalian perhatiin yang dateng ke konser mini mereka yang rutin diadakan di fX, sampai ke acara besar seperti Japan Matsuri Festival ini. Dan ketika JKT48 ini muncul, riuh gemuruh sorak sorai fans membahana ke seluruh penghujung Monas. Anjirrr ini laki-laki pada niat amat yak.. Mereka bahkan hafal yell kebesaran JKT48. And another interesting fact to know that mostly these guys I’ve seen screaming out loud, were bringing their girlfriends even families. Sokil banget, gob 😯 Setelah penampilan JKT48 dilanjutkan dengan penampilan Agnes Monica. Dalam sekejap penonton berkurang drastis. Disitu AgMon menyanyikan beberapa lagu hits-nya. Saya belum pernah liat AgMon perform live, but so far she’s totally doing it — biarpun kadang lip-synch. Saya sama temen-temen nggak nonton sampai habis karena besokannya kami kerja pagi.

One of my fave random activities is attending some festivals. Disamping mendapatkan wawasan baru, disini juga kita bisa dapat perspektif baru dalam memandang suatu keadaan/situasi/hal/fakta. It’s worth to give it a try 🙂

6 thoughts on “Jakarta Japan Matsuri 2013”

Leave a Comment

