That Moment When You Cut Your Hair..

Judul di atas terinspirasi pas saya buang sial potong rambut di akhir tahun lalu. Dan saya baru sadar, ini udah kesekian kali dan entah yang keberapa kali saya dateng ke salon cuma buat gonta ganti model rambut. Sebenernya, modelnya biasa aja. Cenderung itu-itu aja. Kalo nggak pendek, pendek banget. Kalo nggak panjang, ya panjang banget — dibikin ala-ala Olla Ramlan gicu sis. Pernah sih model rambut nanggung setali beha. Tapi ya nggak bertahan lama, kalo nggak dipanjangin ya dipendekin. Pokoknya gitu-gitu aja deh tatanan rambut saya. Sedari kecil memang saya nggak dibebaskan untuk memilih tatanan rambut. Boro-boro milih tatanan rambut, milih jalan hidup aja suka salah 😆 Alhasil Ibu selalu mengarahkan saya untuk bertata rambut ala-ala Demi Moore di film Ghost. Beuh, hits banget ye duluk. Kesannya sensual gimanaaa gitu kan.. Tapi kalo diaplikasiin ke bocah tengik kayak saya jaman dulu, mau jadi kayak apa? 😆 

Dan berapa lama model rambut Demi Moore itu bertahan? Sebentaran doang.. Karena waktu itu udah sadar, memiliki rambut panjang bak model iklan sampo kayaknya bikin saya (terlihat) lebih menawan. YA-KA-LIK. Dan berapa lama lagi rambut panjang itu bertahan? Beberapa tahun saja cukup. Dan sebenarnya, beberapa model rambut yang selama ini pernah saya coba terinspirasi dari beberapa momen dan juga beberapa idola masa kecil dulu. Contohnya rambut panjang jaman SD, terinspirasi dari film Petualangan Sherina dan booming-nya album Britney Spears — Baby One More Time. Haha super fail. Nggak ada yang bisa ngalahin rambut awut-awutan saya jaman dulu. Nah, pas SMP kan lagi booming Meteor Garden, tapi nggak berani smoothing/bonding ala-ala Sancai. Dikhawatirkan merusak rambut dan nanti salah-salah tipisnya sama kayak rambutnya Alam Mbah Dukun. Niat untuk di-bonding tidak sejalan dengan nyali, maka rambut ini saya biarkan tergerai bebas. Nah, waktu kenaikan kelas sekaligus penjurusan di SMA, saya divonis masuk IPS. Ya selain nggak ngarep masuk IPA dan tau persis batas kemampuan otak sampai mana, jadinya ya fun-fun aja masuk kelas IPS. Sampai akhirnya saya membabat abis rambut waktu ini, cenderung cepak. Awalnya nyesel, kenapa bisa babatnya kependekan, karena abis itu mulai dicap tomboy yang cenderung nggak normal. Huhuhu nasyib si mblo.. Tapi ada berkahnya sis rambut dibabat abis gini, soalnya waktu itu panjangnya jadi kayak karakter Ling di TV series Taiwan yang judulnya Mars. Haha nggak yakin juga ye pada tau TV series itu, yang jelas itu salah satu TV series Taiwan favorit saya setelah Meteor Garden 😀 Nah, di tahun terakhir SMA gaya rambut ala ala Agnes Monica lagi nge-trend. Kalo teman-teman saya bilang sih lebih mirip kayak orang yang abis kena sakit tipes, lebih parah dikatain kayak jengger ayam. Padahal model rambut kayak gini kan lagi hits banget jaman saya SMA, bahkan anak-anak gaul di SMA saya dulu rambutnya seragam begini semua..

Btw, daripada dibilang mainstream dan gampang kebawa arus (padahal emang iye), saya sempet ngecat rambut yang mana warnanya jadi koneng keemasan dan ini terjadi pada jaman SMA. Berawal dari bujuk rayu si kakak yang katanya rambut saya terlihat biasa saja. Yasudah, ku cat lah helai demi helai rambut ini dengan tabunganku. Begitu sampai rumah, si Ibu berteriak, “Abis ngecat rambut? Sekolahnya di STM ya nak? Oke, mulai sekarang kamu tidur di hutan ya..” T_T

Begitu lulus SMA, lulus pula lah gaya rambut ala Agnes Monica itu. Jaman kuliah jaman model rambutnya Zooey Deschanel lengkap dengan poni tebalnya itu — ditambah pose foto dengan tanda peace (dua jari) dan juga muka duck face. Maaf saya belum bisa share fotonya karena HDD-nya modyar hiks hiks. Model rambut Zooey berakhir, entah dapat ilham darimana, saya babat lagi rambut saya persis seperti Rihanna — yang rambutnya agak nungging gitu di belakang. Tapi nggak bertahan lama karena dirasa gaya rambut ala Dora lebih mempesona. Umur boleh 20 tahun (saat itu), tapi muka mah bocah =,= Akhirnya setelah bosan dengan rambut Dora, kembali terbukalah mata hati saya untuk terlihat lebih menawan dengan memanjangkan rambut. Alhamdulillah yak berkah rambut panjang, rejeki percintaan jadi ramai lancar hahahaha padahal boong =,=

Tapi, berbicara soal potong rambut, saya belum pernah dapet salon yang benar-benar jadi langganan. Dulu pernah nih udah ketemu sama capster yang oke, eh begitu datang lagi ternyata orangnya udah pindah. Atau potongannya cocok, tapi tarifne nggilani hiks hiks. Entah sudah berapa banyak salon dan capster yang sudah saya coba. Bahkan saya lebih sering-sering gonta ganti capster daripada gonta ganti pacar. TRAK TAK TAK DUNG JESSS.. Etapi sekarang saya udah punya capster langganan, jenenge Mas Nadi, capster di Johnny Andrean Mal Puri Indah. Harga cocok, guntingan juga cucok. Kalo biasanya saya nggak suka dikasih saran sama capster, nah kalo sama Mas Nadi ini beda. Saya manut-manut aja begitu doski nggak ngebolehin saya di-skinhead. Dan sekarang rambut saya balik lagi ke jaman kecil dulu. Pendek ala-ala Demi Moore, kalo teman-teman saya bilang sih BCL alias Banci Caman Lawang. Kalo biasanya selama ini saya nyesel abis mendekin rambut, tetapi kali ini tidak. To cut my hair short was the best choice I’ve ever made 🙂

12 thoughts on “That Moment When You Cut Your Hair..”

  1. Aku tau LING yang MARS donk nadddd!! satu-satunya film seri taiwan yang aku susah banget move on nya. Itu ampe terngiang2 loh suara motornya si vic zhou (yaolohhh caemnya tuh mahluk yak) *pengen dibonceng deh* 😀 dan episode 17 paling asoy ya nad *LOL* HUSSSS HUSSS!

    anyway…biar ga dituduh lari dari topik, aku cuma mau bilang, kamu tampak 100x lebih kece dengan rambutmu yang skarang….. chic and fresh *nyariin capster Mas Nadi di jonny andrean mall puri*

    1. Akhirnya ada yang tau Ling nya Mars T_T *terharu*

      Hehe maaci Mbak Jo, tunggu terobosan rambut baru dariku ya hahaha apaan banget deh ah 😆

      1. dan akhirnya aku end up di channel seseorang di youtube aja donk tadi malem, ngubek2 si Ling di film Mars….hayealaaaaaaaaaaaaaahhhhh

  2. Dan diantara semua kata-kata lo di cerita ini, yg paling membekas adalah “pernah panjang setali beha” Wkwkwkwk,, untuk ga setali kolor ya… Fufufu…

    sebenarnya aku suka ketika dirimu berambut panjang, tertiup angin semilir,,,,, macam komik komik serial cantik gitu deh,,,,
    Meskipun pernah ngerasain kibasannya yg menampar-nampar pipi … *kau tak menyadarinya waktu ituh*

    Tapi berhubung tampilan yg ini juga ketjeh ya apa boleh buat, susah emang punya temen yg diapain aja tetep cakep.. #eaaaaaaa

    #lohkokgwgombalinlosihnad
    #jomblokhilaf
    #yahdaripadangomongsamapohon
    #sudahlah
    😁😁😁

  3. ASLI ITU LO PERNAH RAMBUT KAYA AGMON SAKIT TIPES??
    *lebayyyyy*

    kalau gue alasan memotong rambut kadang suka ajaib, karena lagi bad mood.
    jadi lagi bad mood, salah satu obatnya bisa jadi potong rambut.
    padahal hasilnya belum tentu bagus apa nggak yak.
    POKOKNYA MESTI POTONGGGG!!! hahahahak

    capster langganan gue di laris love salon, sama mang dodo, ciamik pisann.
    sudah tak bisa pindah ke lain capster. dia juga menolak waktu gue minta skinhead. berkali-kali. hik. kayanya capster gw sama lo satu aliran kali ya. berusaha menyelamatkan anak yang lagi tersesat gitu, halah.

    tapi lo cucok bokk rambut pendek gituuu

    1. Iyak beneran pernah punya rambut kayak agmon gitu diw hahahaha jijik yah 😆

      Sekarang lagi bimbang nih, mau tetep pendek apa panjang lagi =,=

Leave a Comment

