Hidup Sehat Bersama TransJakarta

Nah, bingung kan lo, kok bisa hidup sehat berdampingan sama TransJakarta? Jadi begini ceritanya..Β 

Sepanjang tahun 2017, gw ngerasa hidup gw kurang sehat. Nggak sehat sama sekali malahan. Pola makan teratur, tapi asupannya nggak karuan. Belum lagi habit begadang (biasanya menjelang weekend). Udah gitu, nggak ada tuh yang namanya olahraga. Well, ada olahraga, sesekali, mungkin sebulan sekali (paling nggak). Olahraganya gado-gado; kadang lari di Monas, kadang tenis di Bulungan, kadang jalan kaki di mall. Udah nggak pernah tuh kedengeran sepedaan di CFD atau minimal keliling kampung sekitaran rumah. Kemana perginya Nadya yang atletis dulu? Yang hari Minggu jam 6 pagi udah ngibrit ke Sudirman-Thamrin, yang sepedaan seharian sampai kaki kram, dan pulangnya ngabisin nasi dua bakul di rumah. Entahlah Nadya yang itu kemana. Adanya Nadya yang mager di rumah, Nadya yang sukanya kruntelan sambil streaming film, Nadya yang jalan kaki agak jauh aja mikirnya kayak jalan kaki dari Jakarta ke Bandung.

Maka dari itu, gw memutuskan, di tahun 2018 ini, gw akan menggunakan TransJakarta semaksimal mungkin (supaya kaki ada gerak-geraknya gitu loh). Buat yang nggak tau, wara-wiri gw hari-hari ke kantor menggunakan motor. Ini sudah terjadi sejak tahun 2010. Jangankan ke kantor, ke kampus aja juga naik motor (dimulai tahun 2007), so it’s been 11 years. Mungkin uang bensinnya kalo dikalkulasiin udah bisa buat nyicil rumah. Gw nggak bawa mobil, alasannya karena baru bisa nyetir di akhir tahun 2014, sisanya ya naik motor, ngangkot, syukur kalo ada tebengan bareng. Let’s say mobilitas gw kebanyakan menggunakan motor. Udah 11 tahun lamanya gw pake motor masa nggak ada bosennya? Jelas bosan, dan akhir tahun 2017 kemarin lagi bosan-bosannya. Bosan dengan rute perjalanan pergi-pulang ke kantor (5 tahun rutenya masih itu-itu juga — mungkin harus ganti kantor kali ye?). Bosan dengan bunyi klakson yang memekakkan telinga. Tau nggak apalagi yang bikin bosen? Ditampar knalpot orang setiap hari. Baru denger kan? Tau nggak sih, kalo motor itu modifikasinya macem-macem, salah satunya di knalpot. Kalo lo kebetulan lagi denger suara motor yang bunyinya kayak ayam, “Beg beg beg beg beg beg beg”. Nah coba deh jalan di belakangnya, udah pasti lo akan kena tampar. Itu udah jadi makanan hari-hari gw. Kalo ditampar orang sakitnya cuma di pipi dan hati, kalo ditampar knalpot sakitnya bisa sampe ke paru-paru. Nggak sehat kan? 😦

Kenapa nggak bawa mobil aja sih cin? Nggak mau dan nggak terbiasa. Pernah gw nyobain bawa mobil, tapi Jakarta selesai jam kantor tuh malapetaka. Apalagi jalan pulang arah rumah gw tuh biang macet, seolah-olah yang kerja di Jakarta Timur-Utara-Pusat-Selatan ini berdomisili di pinggiran Jakarta Barat semua. Trus kenapa nggak naik ojol? Ojol udah dimana-mana, tarifnya juga lumayan murah (kalo di atas jam 8 malam). Hmm, kalo nggak urgent-urgent amat ya ngapain. Susah cari ojol di sekitaran rumah gw (terutama berangkat ke kantor). Apapun sanggahannya ya, just let me enjoy the traffic based on what I like to do πŸ™‚

Kemageran dan kemalasan ini haruslah disudahi. Pelan-pelan mulai gw rutinin naik busway-nya. Kalo nggak bisa 5 hari berturut-turut, coba lah 2-3 hari dalam 5 hari gw naik busway. Masa iya nggak bisa? Masalahnya cuma dua; 1) Bangun kesiangan, 2) Ujan gede. Kalo salah satu dari itu kejadian, nggak jadi deh gw naik busway. Trus rutenya gimana? Gw start dari halte Slipi. Dari halte Slipi, transit di Semanggi, abis itu lanjut ke arah Kota, turun di halte Monas, dan TADAAA sampe di kantor deh (jalan kaki dikit ke belakang Museum Gajah). Tau apa yang gw incer? Jembatan transit dari Semanggi ke Benhil situ. Kan panjang banget tuh, nah disitu itu olahraganya. Kalo jalan buru-buru, jelas capek, apalagi jalanannya naik turun gitu. Belum lagi kalo (amit-amit) kepleset. Sudahlah santai aja, ngapain amat buru-buru. Rute pulang juga sama, dari halte Monas ke arah Benhil, trus lanjut ke Semanggi depan Komdak, trus ke Slipi deh πŸ˜†

Keuntungan naik TransJakarta buat gw; 1) Udah nggak ditampar knalpot lagi hehehe, 2) Jalan kaki jauh ini bisa sampai minimal 5000 langkah dalam sehari *mungkin*, 3) Sepanjang jalanan bisa sambil ngayal-ngayal babu, 4) Bisa sambilan “overheard” β€” kadang suka denger pembicaraan tak terduga, 5) Kalo beruntung, dapet TransJakarta dengan playlist musik atau siaran radio yang ciamik, jadi di jalan bisa sambil nyanyiβ€” atau minimal menggumam sendiri deh fufufu, 6) Bisa mampir ke tempat jajan huhuhu ❀

Kerugian naik TransJakarta buat gw; 1) Nunggu koridor yang lebih lama karena harus rebutan sama orang lain, 2) Sampai di rumah jadi lebih lama, 3) Barangkali yang duduk/diri di sebelah lagi keringetan parah atau malah parfumnya terlalu menyengat, 4) Risiko muka lebih rentan kena polusi.

Tapi selagi masih bisa dan mampu ya, mari berdayakan transportasi publik. Rindu nggak sih lo sama Jakarta yang lengang nggak banyak kendaraan pribadi?Β β€” Biarpun realisasinya sulit πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† Buat yang suka naik transportasi publik, cemungudh eeeaaaaa πŸ˜€

2 thoughts on “Hidup Sehat Bersama TransJakarta

  1. duhhh, itu dia tuh naik transjakarta sbnrnya pengen bangett, aplg kalau baut gue tuh macam me time, karena pasti gue jadi bisa baca buku dan yang lebihh penting adalah bisa tidurrr! cuma gak tahannya adalah gue harus bangun pagi bangettt kalau gak antrian buswaynya padetdetdet dan jalananan udah jauh lebih macet jadi nyampe lama banget ke kantorr.

    huhuhuhuh..

    memang pada dasarnya anak malasss

Leave a Comment